Sukses

Beauty

Hijab Beauty: Rambut Rontok Karena Hijab? Coba Shampoo Cruelty-Free ini

Fimela.com, Jakarta Rambut rontok karena tertutup hijab, sudah menjadi tantangan “umum” yang akan dihadapi oleh perempuan berhijab. Faktornya tentu bukan karena selembar kain penutup rambut yang digunakan. Hanya saja, rambut tidak memiliki ruang gerak bebas untuk bernafas.

Ketika kulit kepala gerah dan berkeringat, hasilnya akan menimbulkan lembap di kulit kepala dan rambut. Ini lah salah satu pencetus mengapa rambut mudah rontok. Jika tidak diproteksi sedini mungkin, jumlah rambut rontok bisa bertambah banyak. Saya pun turut merasakannya.

Berpikir tentang solusi? Pasti. Mencoba beragam jenis shampoo, dari bermacam brand dengan star ingredients masing-masing produk yang tidak lupa untuk diperhatikan. Dari perjalanan menemukan shampoo yang tepat, saya berhenti di satu produk perawatan rambut ini,--Petal Fresh Moisturizing Grape Seed and Olive Oil.

 

What is it?

Petal Fresh memiliki shampoo dan kondisioner dari varian produk yang sama. Produk perawatan kulit kepala dan rambut ini terbuat dari bahan-bahan natural. Varian shampoo dari brand asal USA ini pun beragam. Kita bisa memilih produk untuk tipe rambut kering, berminyak, rontok, ketombe, kusam, so many.

Nah, berhubung masalah rambut yang saya alami adalah rontok, dari semua varian saya memilih shampoo dan kondisioner dengan kandungan ekstrak biji buah anggur dan olive oil. Diolah sebagai skincare, as we know, anggur dan olive oil bermanfaat baik untuk mengembalikan elastisitas kulit, kaya akan antioksidan dan nutrisi yang dibutuhkan kulit.

Manfaat yang sama pun berlaku untuk kulit kepala dan rambut. Ekstrak buah anggur dan olive oil mampu mengatasi masalah rambut rusak akibat penggunaan alat styling, paparan sinar UV dan polusi, memperbaiki tekstur rambut agar terasa lembut dan berkilau, last but not least, menyehatkan kulit kepala dan mengatasi rambut rontok.

How to use it?

Gunakan saat keramas. Basahi seluruh rambut, lalu ambil cairan shampoo secukupnya. Bersihkan rambut dan kulit kepala kurang lebih 10 menit, lalu basahi rambut kembali dengan air hingga busa shampoo bersih.

Langkah selanjutnya, ambil kondisioner dari varian yang sama. Aplikasikan dari tengah rambut hingga ujung rambut. Lalu ratakan seluruh kondisioner dan diamkan selama kurang lebih 3-5 menit. Setelahnya, bersihkan seluruh rambut kembali menggunakan air.

Tekstur?

Untuk shampoo, teksturnya menyerupai gel berwarna hijau. Aroma buah anggur yang menyegarkan memberi sensasi yang menenangkan saat melakukan keramas. Begitu juga dengan kondisioner. Krim kondisioner sangat lembut, dan mudah dibauri keseluruh rambut.

Hasil?

Untuk mengatasi masalah rambut rontok, tentu tidak ada yang instan. Saya memerlukan waktu kurang lebih 2 bulan untuk melihat hasil yang diberikan dari penggunaan shampoo cruelty-free ini. Di minggu pertama, rambut terasa lebih lembut, dan mudah diatur meski rambut tertutup hijab seharian.

Rambut lepek ketika kulit kepala berkeringat dan gerah pun hampir tidak ditemui lagi. Hasil yang cepat terlihat begitu menggunakan shampoo ini adalah rambut terasa lebih segar dan wangi. Minggu ketiga, keempat, dan seterusnya, perlahan demi perlahan jumlah rambut rontok yang seperti gumpalan bola ping-pong, berkurang banyak. Meski rambut disisir dengan jari, rambut pun jatuh ke celah-celah jemari tangan hanya sedikit.

Kekurangan?

Untuk rambut panjang, penggunaan shampoo lumayan boros. Artinya, 1 kali keramas saja itu tidak cukup. Saya lebih suka melakukan keramas dengan shampoo berbusa, dan untuk mendapatkan hasil busa yang maksimal, 2x keramas itu harus dilakukan. Jika hanya 1x, jumlah busa yang di dapat belum cukup untuk membersihkan kulit kepala dan rambut.

 

Loading