Sukses

Beauty

5 cara samarkan kerusakan kulit akibat sinar matahari

Fimela.com, Jakarta Bukan rahasia lagi bahwa kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari adalah musuh yang paling sulit untuk ditangani. Bukan karena masalah malas mengaplikasikan tabir surya, kerusakan kulit akibat sinar matahari bisa terjadi karena beberapa faktor lain, seperti menggunakan tabir surya dengan tingkat SPF yang tidak sesuai atau tidak pernah mengaplikasikan ulang tabir surya setiap dua jam, benar?

Dilansir dari newbeauty.com, berikut ini adalah beberapa cara menyamarkan kerusakan kulit akibat sinar matahari. Penasaran bagaimana?

1. Bintik-bintik gelap

Bintik-bintik gelap yang muncul karena paparan sinar matahari bisa disamarkan menggunakan perawatan IPL. Kerusakan kulit yang paling ringan sekalipun bisa menyebabkan munculnya bintik-bintik gelap di usia berapapun.

IPL adalah perawatan yang sangat disarankan untuk menghilangkan pigmentasi merah dan cokelat, menormalkan warna. Selain itu, IPL juga bisa membuat semakin banyak kolagen terbentuk, sehingga kulit terlihat lebih sehat dan halus.

2. Bintik-bintik yang parah

Bintik-bintik yang sudah parah bisa disamarkan dengan hydroquinone atau asam kojic dan laser resurfacing. Perawatan ini bisa menyamarkan bintik-bintik mulai dari warna cokelat hampir ke hitam dan ukuran yang kecil hingga sebesar koin.

Perawatan ini sebenarnya lebih agresif karena berfungsi melapisi kulit. Ketika tubuh mengenali ada luka, perawatan ini berfungsi untuk mengatasi masalah tersebut dengan kolagen atau kulit yang baru.

 

1 dari 2 halaman

Masalah tekstur kulit yang tidak merata

3. Tekstur kulit yang tidak rata

Atasi masalah kulit yang satu ini dengan melakukan pengelupasan atau eksfoliasi. Kurangnya kolagen dan elastin yang sehat membuat kulit terasa kasar dan kusam.

Pengelupasan teratur dengan AHA, seperti salisilat, laktat, dan asam glikolat dapat membantu menghaluskan kulit. Atau juga bisa dilakukan pengelupasan kimia, yaitu mengelupas lapisan atas kulit dan memperbaiki kerusakan yang ada dengan bahan-bahan khusus, seperti asam.

4. Garis halus dan kerutan

Kerusakan kulit ini bisa diatasi dengan suntikan. Garis halus dan kerutan muncul karena pemecahan kolagen dan elastin dari sinar matahari.

Menyuntik area dengan kerusakan ini dapat merangsang pertumbuhan kolagen untuk mengembalikan kekenyalan kulit. Sayangnya perawtan ini tidak dapat menghilangkan kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari, hanya menyembunyikannya.

5. Pembuluh darah yang rusak

Mengatasi kerusakan kulit ini dapat dilakukan dengan perawatan laser. Pembuluh darah bisa dengan mudah pecah karena stres, kehamilan, atau rangsangan yang terlalu agresif pada kulit, seperti sinar matahari.

Artikel Selanjutnya
Alasan kulit perlu perawatan berbeda di malam hari
Artikel Selanjutnya
Khasiat labu untuk kecantikan kulit dalam 2 langkah