Sukses

Beauty

Punya kulit sensitif? pertimbangkan 6 hal ini sebelum membeli produk kecantikan

Fimela.com, Jakarta Memilih produk kecantikan bukanlah perkara mudah. Terlebih jika memiliki kulit sensitif. Salah membeli produk kecantikan bisa berdampak buruk pada kesehatan kulit. Kulit sensitif jauh lebih rentan terkena iritasi. Sehingga perlu hati-hati memilih produk kecantikan yang tepat.

Daripada membuang uang untuk produk kecantikan yang tidak bisa digunakan, harus dipastikan dulu produk seperti apa yang cocok bagi kulit sensitif. Dikutip dari Boldskyada enam hal yang perlu pertimbangkan sebelum membeli produk kecantikan. Mulai dari perawatan kulit hingga makeup bagi kulit sensitif. Apa saja?

1. Tidak memiliki aroma

Bagi beberapa orang, menggunakan produk kecantikan yang memiliki aroma menjadi pilihan. Namun tidak bagi pemilik kulit sensitif. Produk dengan kandungan aroma biasanya mengandung alkohol, asam alfa hidroksi, bahkan kandungan antibakteri yang terlalu keras bagi kulit.

2. Hindari makeup tahan air

Makeup tahan air membutuhkan usaha ekstra untuk menghapusnya. Sehingga dibutuhkan remover yang cukup kuat untuk menghapus makeup tahan air. Menggunakan terlalu banyak produk kecantikan dengan kandungan yang begitu kuat akan merusak kulit sensitif. Lebih baik, pilih makeup dengan kandungan alami atau mungkin menggunakan makeup minimalis saja.

 

Pertimbangan 6 hal ini sebelum membeli produk kecantikan

3. Pilih produk alami

Jika memiliki kulit sensitif, lebih baik pilih produk perawatan kulit berbahan dasar alami. Bisa menggunakan madu, lidah buaya, atau tepung gram. Jika perlu, buatlah toner buatan sendiri, lulur wajah, dan pelembap dari bahan dasar yang mudah digunakan di rumah. Selain lebih hemat biaya, tentu produk alami ini mengurangi efek samping.

4. Cek tanggal kadaluwarsa

Sebenarnya tidak hanya pemilik kulit sensitif. Kulit jenis apapun harus mengecek tanggal kadaluwarsa sebelum membeli produk kecantikan. Jika sudah lewat dari tanggal kadaluwarsa biasanya produk akan memiliki tekstur kasar yang akan merusak kulit.

5. Uji sebelum membeli

Sebelum membeli rangkaian produk kecantikan, sebaiknya diuji di lengan bawah terlebih dahulu. Tunggu setidaknya 24-48 jam untuk melihat apakah ada reaksi tertentu. Lebih baik beli rangkaian produk kecantikan dengan kemasan starter pack yang memiliki ukuran jauh lebih kecil.

6. Pilih formula pensil daripada cair

Jika suka menggunakan eyeliner, lebih baik gunakan formula pensil daripada cair, khususnya bagi pemilik kulit sensitif. Alasannya adalah formula pensil eyeliner tidak lebih intens daripada yang cair. Selain itu pensil liners dibuat menggunakan lilin yang aman bagi kulit. Sementara liner cair biasanya dibuat dari lateks yang menyebabkan iritasi kulit.

Loading
Artikel Selanjutnya
FIMELA FEST 2019: Menjadi Fearless dengan Deretan Produk Kecantikan Ramah Lingkungan
Artikel Selanjutnya
Punya Kulit Sensitif? Simak Tips Aplikasi Makeup yang Tepat Berikut Ini