Sukses

Beauty

Intip 4 fakta tentang tanggal kedaluwarsa produk kecantikan

Fimela.com, Jakarta Sama halnya dengan makanan atau minuman, produk kecantikan juga memiliki batas atau tanggal kedaluwarsa. Masih bingung bagaimana cara terbaik untuk memahami tanggal kedaluwarsa produk kecantikan tertentu?

Masih banyak orang berpikir bahwa produk kecantikan tertentu boleh dipergunakan walaupun lewat dari tanggal kedaluwarsa, benar? Berikut ini adalah beberapa fakta mengejutkan yang harus diperhatikan mengenai tanggal kedaluwarsa produk kecantikan, seperti dilansir dari newbeauty.com, Jumat (12/10/2018). Penasaran?

1. Tidak ada pedoman

Faktanya, FDA tidak mengharuskan produsen kosmetik untuk mencetak tanggal kedaluwarsa pada produk kecantikan mereka. Namun, sebagian besar produk kecantikan direkomendasikan untuk diuji selama jangka waktu tiga tahun.

2. Produk kecantikan untuk mata memerlukan perhatian khusus

FDA mengakui bahwa produk kecantikan apapun yang dikhususkan untuk daerah mata memerlukan perhatian khusus. Contohnya adalah produk kecantikan maskara harus segera dibuang dalam waktu dua hingga empat bulan setelah pembelian.

 

2 dari 2 halaman

Semua produk kecantikan alami memerlukan perhatian khusus

3. Semua produk kecantikan alami memerlukan perhatian khusus

Menurut FDA, produk kecantikan alami cenderung memiliki usia pakai yang jauh lebih pendek, terutama jika produk tersebut menggunakan pengawet.

4. Tabir surya memiliki aturan khusus

Karena tabir surya diatur sebagai produk kecantikan yang bisa dijual bebas, maka tingkat ketelitiannya cenderung lebih tinggi ketika menyangkut tanggal kedaluwarsa. Jika tabir surya tidak memiliki label tanggal kedaluwarsa, ingat tanggal pembelian dan langsung buang jika usianya mencapai satu tahun.

Aturan lainnya adalah perhatikan warna atau konsistensinya. Jika tabir surya tertentu telah berubah warna atau konsistensi, maka produk tersebut harus langsung dibuang.

Artikel Selanjutnya
Cara terbaik aplikasikan eyeliner di garis mata bawah
Artikel Selanjutnya
Punya kulit sensitif? pertimbangkan 6 hal ini sebelum membeli produk kecantikan