Sukses

Beauty

Alasan produk makeup bisa membuat mata iritasi

Fimela.com, Jakarta Aneh tetapi nyata, produk makeup untuk mata yang sudah biasa dipakai sejak lama justru membuat mata menjadi iritasi bahkan bengkak. Padahal, selama ini produk tersebut tidak menimbulkan efek buruk apa pun pada mata atau pun kulit wajah di sekittar mata. 

Ketika kamu melihat ada kulit yang memerah, bengkak, dan gatal usai mengaplikasikan produk makeup, kamu pasti sudah tahu kalau ada bahan tertentu yang terkandung dalam produk tersebut yang tidak cocok dengan kulitmu. 

Namun, kenapa sebuah produk yang sudah lama dipakai baru memberikan efek sekarang? Kalau memang alergi terhadap kandungannya, kenapa pada saat baru memakainya beberapa tahun lalu tidak muncul reaksi apa pun?

Ternyata, tulis Self.com, efek dan reaksi terhadap suatu bahan yang terkandung dalam produk makeup bisa muncul setelah beberapap pemakaian atau bahkan beberapa tahu pemakaian. Atau juga, reaksi yang timbul pada mata akibat makeup disebut contact dermatitis. 

Contact Dermatitis

Contact dermatitis merupakan reaksi pada mata dalam bentuk rasa gatal reaksi inflamasi pada kulit, yang timbul usai mengaplikasikan sebuah produk makeup. 

Mayo Clinic menulis, kondisi ini tidak menular dan membahayakan nyawa. Namun, kondisi ini pasti membuatmu tidak nyaman. Segeralah untuk memeriksakan dirimu ke dokter ketika ada reaksi pada area mata dan sekitarnya usai mengaplikasikan makeup. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading