Sukses

Beauty

Haruskah gunakan handuk yang berbeda untuk badan dan wajah?

Fimela.com, Jakarta Membahas cara terbaik untuk mencuci wajah tak akan ada habisnya. Mulai dari langkah demi langkah yang tepat untuk melakukannya sampai produk apa yang mesti digunakan, topik ini selalu berkembang. Sayangnya, ada satu hal penting yang sering terlewatkan dari pembahasan soal ini, yakni tentang bagaimana cara terbaik untuk mengeringkan wajah setelah mencuci muka?

Menurut para dermatolog, peran handuk wajah jauh lebih berarti dari yang kita pikirkan selama ini. Saking tidak dianggap pentingnya, mungkin sebagian besar orang masih menggunakan handuk yang sama untuk mengelap wajah dengan handuk badan sehabis mandi. Apa Sahabat Fimela termasuk salah satu yang melakukan hal tersebut?

Kebiasaan mengeringkan wajah dengan handuk badan harus segera dihentikan. "Ini bukan hanya soal bakteri atau masalah kebersihan," kata Lily Talakoub, dokter kulit bersertifikat asal Virginia, seperti yang dikutip Fimela dari allure.com.

Semua produk yang dipakai di tubuh seperti pelembap, parfum, dan produk rambut tidak baik jika bersarang di wajah karena bisa menyumbat pori-pori, menyebabkan jerawat, bahkan bisa menimbulkan iritasi atau ruam. Bukan hanya itu. sel kulit mati, minyak, serta kotoran pun bisa terkumpul di handuk.

 

Pastikan handuk selalu dalam kondisi bersih

Tak hanya perlu memisahkan handuk untuk badan dengan handuk untuk wajah, rutin menggantinya secara berkala juga penting untuk menjaga kulit wajah tetap bersih dan sehat, terutama bagi yang jenis kulitnya rentan jerawat. Gantilah handuk 2-3 kali sehari.

Selain itu, pastikan untuk selalu menjemur handuk yang habis dipakai sampai kering. Letakkan jauh dari kamar mandi atau handuk yang lain jika memungkinkan. Ini penting untuk mencegah berpindahnya bakteri dan pertumbuhan jamur di handuk.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading