Sukses

Beauty

Pahami 4 efek samping penggunaan gel rambut bagi perempuan

Fimela.com, Jakarta Gel rambut menjadi alat perang wajib bagi pria. Namun siapa bilang gel rambut hanya digunakan oleh pria? Banyak perempuan dengan rambut super pendek menggunakan gel rambut untuk menunjang penampilannya.

Untuk membuat rambutnya pendeknya terlihat rapi, perempuan menggunakan gel rambut. Sekilas, produk ini memang cukup berguna bagi perempuan. Terlebih ketika dituntut untuk tampil formal dan rapi sepanjang hari.

Dikutip dari Boldsky, gel rambut merupakan produk penataan rambut yang berguna untuk mengeraskan rambut sehingga lebih mudah diatur. Gel rambut biasanya mengandung komponen plastik yang disebut PVP yang merupakan polimer sealer.

Gel rambut jenis ini larut dalam air dan membentuk lapisan antar helai rambut dengan menyatukannya satu sama lain. Ketika diaplikasikan pada rambut basah, produk gel rambut akan lebih mudah mengeras dan langsung mencetak bentuk rambut yang diinginkan. Tak hanya itu, gel rambut cukup disukai karena memiliki efek tampilan berkilau.

 

4 efek samping penggunaan gel rambut

Meski banyak digemari, ternyata gel rambut ini memiliki efek samping. Khususnya bagi kesehatan rambut. Apa saja?

1. Ketombe

Bukan rahasia jika kulit kepala yang kering dan rusak menjadi tempat berkembangnya infeksi penyebab ketombe. Gel rambut sendiri akan menyerap kelembapan rambut hingga tingkat kulit kepala. Hal ini menyebabkan kulit kepala yang tidak sehat dan akar rambut yang lebih rapuh. Sehingga muncul ketombe.

2. Rambut kering

Banyak produk gel rambut yang mengandung alkohol dan bahan kimia korosif yang merusak rambut. Sehingga akan membuat rambut terdehidrasi sepanjang waktu. Hal ini akan membuat kondisi rambut menjadi rusak dan bercanag. Penggunakan gel rambut berlebihan juga akan membuat kulit kepala gatal dan terkelupas.

3. Perubahan warna rambut

Gel rambut akan merenggut kelembapan dan keseimbangan pH yang membuatnya tidak sehat dan lemah. Bahan kimia berbahaya yang ada pada gel rambut juga akan mempengaruhi warna rambut. Membuatnya memudar dan warna yang berubah.

4. Kerontokan rambut

Karena bahan kimia gel rambut membuat rambut lemah, tak heran jika ia mudah patah. Gel rambut melemahkan kulit kepala sehingga akar rambut pun menjadi lemah. Ketika akar itu lemah, otomatis menghambat pertumbuhan dan melemahkan rambut. Sehingga membuatnya lebih rentan terhadap beragam jenis kerusakan rambut.

Efek samping di atas akan terjadi jika gel rambut digunakan secara berlebihan. Jika harus menggunakan gel rambut setiap saat, Sahabat Fimela bisa mencari gel rambut berbahan dasar alami.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading