Sukses

Beauty

Mitos atau Fakta: Junk Food Sumber Pemicu Munculnya Jerawat?

2 dari 2 halaman

Junk food dapat memicu jerawat?

Fimela.com, Jakarta Mitos atau fakta tentang junk food bisa memicu munculnya jerawat, tapi jika kita sering mengonsumsi makanan cepat saji ini, memang kurang baik untuk kesehatan. Setuju? Lalu, apa benar junk food dapat menyebabkan munculnya jerawat di wajah? 

Tentang hal ini, FIMELA sempat bertanya pada beberapa dokter kecantikan. Secara ilmiah memang tidak ada penelitian yang menyatakan bahwa junk food dapat menyebabkan jerawat. Namun, jika kita pernah memiliki pengalaman setelah mengonsumsi junk food jerawat ramah muncul, mungkin itu disebabkan karena kandungan kadar gula tinggi di dalam makanan cepat saji itu.

 

Junk food mengandung kadar gula yang merupakan salah satu pemicu pembentukan jerawat. Studi yang pernah dilakukan oleh ahli kecantikan asal Inggris, Danby FW,--jika tubuh menyerap makanan dengan kadar gula terlalu tinggi, ini akan berpengaruh pada hormon kita. Kok bisa?

Jika tubuh banyak mengonsumsi gula, maka akan memicu produksi insulin lebih banyak. Jika insulin diproduksi di luar batas normal, maka produksi androgen pun akan turut meningkat. Androgen merupakan salah satu pemicuyang membuat hormon tidak stabil, dan mendorong terbentuknya jerawat di wajah.

Nah, untuk kita suka junk food, ada nggak ya cara aman agar jerawat tidak ramah muncul? Dari pengalaman tim beauty FIMELA yang pernah merasakan kegalauan jerawat karena kelezatan junk food, sebaiknya hindari menikmati junk food terlalu sering. Coba tahan diri untuk menguranginya, paling tidak sebulan hanya 2 kali.

Jika masih terlalu sulit, kita dapat mengimbanginya dengan olahraga teratur. Menambah asupan makanan sehat yang mengandung vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Konsumsi sayur-sayuran yang banyak mengandung vitamin A, seperti wortel.

Artikel Selanjutnya
5 Hal yang Kerap Menyebabkan Timbulnya Jerawat
Artikel Selanjutnya
Amunisi wajah bebas dari noda bekas jerawat ada di skincare ini