Sukses

Beauty

Penyebab dan Cara Menangani Telinga yang Gatal

Fimela.com, Jakarta Telinga gatal memang sangat mengganggu dan terasa tidak nyaman. Biasanya, rasa gatal timbul lantaran terdapat banyak kotoran di dalam telinga. Penyebab ini tidak akan mengakibatkan gangguan kesehatan yang parah. Bahkan, hanya dengan cuttonbuds masalah langsung terselesaikan. 

Selain membantu menghilangkan rasa gatal di bagian dalam telinga, cuttonbuds juga sekalian bisa membersihkan kotoran yang ada di dalam telinga. 

Biasanya, rasa gatal ini memang timbul karena banyak kotoran yang ada di dalam sana. Selain itu, dilansir dari UT Health, juga bisa disebabkan karena infeksi jamur. 

Pada kasus-kasus tertentu, telinga gatal juga bisa disebabkan karena adanya psoriasis dan juga dermatitis. Lantas, bagaimana cara menangani telinga gatal yang bukan disebabkan oleh kotoran telinga?

Cara Menanggulangi Telinga Gatal

Telinga memang terasa sangat gatal dan membuatmu ingin menggaruknya. Namun, karena lubang telinga kecil dan sulit untuk menggaruk, biasanya orang akan menggunakan alat atau  cuttonbuds. Padahal, alat ini meskipun lebut tetap saja tidak aman. 

Jika terlalu dalam, dapat menyebabkan infeksi yang lebih parah. Karena itu, sebaiknya telinga gatal tidak ditangani sendiri di rumah. Lebih baik sahabat Fimela memeriksakannya ke dokter THT. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading