Sukses

Beauty

Modern Hair

Pernyataan rambut adalah mahkota wanita pasti sudah sering Anda dengar. Dan Cosmo yakin tak ada satupun di antara Anda yang tidak setuju dengan pernyataan tersebut. Bagaimana tidak? Coba Anda perhatikan, berapa banyak produk perawatan rambut untuk wanita yang beredar di pasaran. Atau jumlah customer salon yang didominasi oleh wanita. Belum lagi model rambut untuk wanita yang sangat, sangat banyak.

Well honey, tak heran juga bila istilah bad hair day hanya sering diucapkan oleh wanita, bukan pria. Mungkin kaum pria tidak mengerti mengapa Anda jadi malas keluar rumah saat rambut sedang tidak bisa diajak “bekerja sama”, atau mengapa wanita betah berlama-lama di salon – beda dengan mereka yang biasanya ke salon hanya untuk merapikan rambut saja.

Perawatan Ekstra

Wanita memang dikenal peduli akan penampilan mereka, mulai dari ujung kaki hingga kepala. Menicure-pedicure? Sudah jadi salah satu treatment wajib yang dilakukan saat ke salon. Jenis toiletries yang dimiliki wanita pun seakan tak pernah habis. Berbagai ritual perawatan tubuh pun sudah menjadi kegiatan wajib yang wanita lakukan. Seperti kebiasaan mengenakan body lotion setiap habis mandi.

Sama halnya dengan produk perawatan rambut. Keramas pasti sudah jadi ritual wajib Anda. Tujuannya agar rambut bersih, sehat dan wangi. Tapi jangan asal keramas ya, ada hal yang perlu Anda perhatikan semisal memastikan Anda tidak lupa memijat kulit kepala untuk meningkatkan sirkulasi darah di kepala. Tidak perlu terburu-buru, nikmati sensasi kesegaran keramas yang membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih fresh. Setelahnya, pastikan Anda membilas rambut dengan benar sehingga tidak ada sisa shampo ataupun kondisioner yang tertinggal di kulit kepala dan helaian rambut. Karena hal ini dapat menjadi salah satu penyebab munculnya ketombe. Anda pasti tidak mau kan rambut jadi berketombe? Lalu sesekali, keringkan rambut Anda dengan handuk. Tapi cukup ditepuk saja ya, jangan menggosok rambut ke handuk karena bisa merusak rambut.

Saat ini bukan hanya shampo untuk keramas saja, karena wanita sudah mengenal produk postwash seperti kondisioner, creambath dan intensive treatment. Untuk Anda yang masih menanyakan mengapa perlu perawatan postwash lagi, Cosmo punya jawabannya. Zaman sekarang, wanita suka bereksperimen dengan berbagai gaya rambut. Coba bayangkan kondisi rambut Anda setelah diluruskan, dikeriting ataupun diwarnai. Hmmm, sudah pasti butuh perawatan ekstra untuk menjaga kondisi rambut agar tetap sehat dan indah.

Belum lagi untuk memaksimalkan penampilan sehari-hari, styling tool – mulai dari hairdryer hingga curling iron, pasti jadi “teman wajib” Anda. So, sudah pasti perlu diimbangi dengan perawatan lebih kan? Ditambah dengan keadaan lingkungan saat ini dan tuntutan pekerjaan wanita aktif di zaman sekarang. Tidak jarang, wanita harus menghabiskan waktu di area terbuka – yang menyebabkan rambutnya terkena paparan sinar matahari berlebih. Atau wanita kantoran yang seharian berada di ruangan ber-AC, yang menyebabkan rambut menjadi kering. Jadi shampo dan kondisioner saja sebenarnya belum sempurna untuk perawatan rambut. Kuncinya: Berikan perawatan ekstra seperti creambath dan intensive treatment lainnya.

Selain itu, bisa dibilang kulit sehat dan indah pasti jadi dambaan tiap wanita. Sama halnya dengan rambut sehat dan indah. Ya, dua hal ini hubungannya erat lho. Kalau Anda mengerti pentingnya merawat kulit tubuh, Anda harus ingat bahwa kulit kepala juga memerlukan perawatan yang sama untuk dapat menghasilkan rambut yang Anda dambakan. Sayangnya, fakta ini masih sering terlupakan. Kebanyakan wanita hanya fokus pada helaian rambut saja, yaitu bagian yang terlihat. Padahal dengan memiliki kulit kepala yang sehat, pastinya helaian rambut Anda pun ikut sehat. Karena kulit kepala merupakan tempat akar rambut tumbuh, jadi sebagai pondasi yang perlu dirawat dengan baik. Bisa dibilang ini menjadi bagian awal untuk memperoleh rambut sehat dan indah. [initial]

Source: Cosmopolitan, edisi September 2012

(cosmo/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading