Sukses

Beauty

Status Pernikahan Dituding Picu Kerontokan Rambut

Ternyata, stress yang disebabkan oleh masalah dalam rumah tangga sangat berpengaruh besar pada kerontokan rambut. Demikian menurut penelitian terbaru yang dilakukan untuk mencari cara mengatasi problem kerontokan rambut.

wanita yang memiliki problem kerontokan rambut sebagian besar memiliki problem asmara, atau problem dalam pernikahannya. Entah statusnya yang belum jelas, pernikahannya yang tidak berhasil, atau perceraian yang baru saja dialaminya.

Dalam sebuah studi yang melibatkan 84 orang partisipan wanita, seperti dikutip dari youbeauty, membuktikan dugaan tersebut. Setelah diteliti lebih mendalam, stress dituding menjadi penyebab utama kerontokan rambut yang dialami. Bahkan di beberapa kasus yang dialami, kerontokan tersebut menyebabkan alopecia (kerontokan rambut yang parah hingga mengalami kebotakan.)

Agar kerontokan rambut bisa diatasi, berbagai terapi tentu saja harus dijalani. Menanggulangi stress adalah cara paling tepat, sehingga tidak mengundang problem penyakit lainnya juga.

Selain itu, Anda bisa juga mencoba 5 perawatan tradisional sebagai alternatif, seperti berikut ini:

Perawatan hot oil

Sekarang memang ada yang instant, tetapi kalau mau mencoba cara alami, Anda bisa mencoba minyak zaitun atau minyak kelapa. Caranya mudah, panaskan minyak dalam tungku kecil (yang biasanya dipakai untuk minyak aromatherapy). Setelah menghangat, pijatkan minyak tersebut di bagian akar rambut perlahan hingga keseluruhan bagian kepala.

Setelah semua selesai dipijat, pakai shower cap atau handuk dan diamkan selama satu jam sebelum berkeramas seperti biasa.

Pakai jus alami

Jika creambath di salon, Anda akan ditanya, mau cream apa yang akan dipakai? Gingseng untuk kesuburan rambut, lidah buaya untuk perawatan rambut rontok, atau alpukat untuk perawatan rambut kering. Nah, kalau yang satu ini Anda bisa membuat ramuannya sendiri.

Khusus untuk rambut rontok gunakan ramuan jus bawang putih, bawang merah dan jahe. Iuh baunya pasti kurang sedap ya :) tetapi tenang saja, Anda tak harus mengenakannya sepanjang waktu. Cukup 10 - 15 menit saja dioleskan dan dipijat pada rambut dan sebulan sekali. Anda bisa segera berkeramas dan meninggalkan aroma tak sedapnya.

Massage kepala

Ternyata memassage kepala dapat membantu mencegah kerontokan rambut. Dengan memberikan massage harian selama 5 menit saat sedang berkeramas, maka Anda membantu melancarkan peredaran darah di kulit kepala.

Masih ingat kan bagaimana saat rambut Anda dicuci di salon, yah kira-kira gerakan demikian yang digunakan untuk memassage. Anda bisa menambahkan shampo agar lebih licin dan nyaman saat dipijat.

Baca 2 perawatan lainnya di 5 Cara Alami Cegah Kerontokan Rambut.

 

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading