Sukses

Beauty

9 Tip Memasak Makanan Lebih Sehat Lagi

Oleh Dunia Fitnes

Berikut ini adalah beberapa cara mudah untuk mendapatkan masakan diet yang rendah lemak, garam, dan gula namun bernutrisi tinggi:

Gorengan Tiruan

Jika Anda tergoda makan gorengan, tiru saja rasanya. Celupkan bahan masakan yang ingin dimakan ke dalam campuran tepung, bumbu, telur, dan cornflake. Lalu panggang dalam oven toaster atau microwave. Anda akan mendapatkan rasa renyah dan gurih yang bebas lemak.

Gunakan Lebih Sedikit Keju Bercita Rasa Kuat

Keju jenis blue cheese, Parmigiano-Reggiano, atau smoked gouda memiliki rasa yang lebih kuat dari keju jenis lain. Karena itu Anda bisa menggunakannya dalam jumlah yang lebih sedikit hingga separuhnya saja.

Tiriskan Makanan Kalengan

Makanan kalengan memang praktis, tetapi kandungan sodiumnya sangat tinggi sehingga tidak sehat untuk tekanan darah Anda. Rendam dan tiriskan makanan kalengan Anda dengan air untuk mengurangi kandungan sodiumnya. Ganti bumbunya dengan bumbu dapur yang segar dan alami.

Campuran Minyak Canola dan Cuka

Ingin makan salad tapi dressing atau mayonaise Anda terlalu berlemak dan bersodium? Gunakan campuran minyak canola dan cuka anggur merah sebagai dressing agar bebas dari sodium tetapi kaya asam lemak sehat.

Gunakan Wajan Teflon Anti Lengket

Meski harganya lebih mahal, namun wajan teflon atau anti wajan anti lengket memungkinkan Anda bisa memasak dengan hanya sedikit atau tanpa minyak dan mentega sama sekali.

Mengukus Lebih Baik daripada Merebus

Kukuslah sayur-sayuran favorit Anda daripada merebusnya untuk menjaga agar kandungan gizi dan rasa tetap utuh. Proses merebus dapat menghancurkan kandungan gizi dan merusak rasanya.

Potong Kecil-kecil Makanan Kurang Sehat

Jika Anda terpaksa harus memakai bahan makanan kurang sehat misalnya untuk taburan, gunakanlah lebih sedikit dari seharusnya dan potonglah kecil-kecil bahan makanan tersebut agar lebih merata dalam masakan. Prinsipnya, lebih sedikit tetapi merata dan tetap terasa enak.

Masak dengan Aluminium Foil

Saat memanggang masakan Anda, bungkuslah dengan aluminium foil daripada melumasinya dengan mentega atau kecap manis. Selain lebih sehat, panggangan Anda juga bebas dari kotoran sisa memanggang.

Gunakan Tepung Gandum Utuh

Jika Anda sudah rutin makan roti gandum utuh, maka memasak roti atau kue pun sebaiknya menggunakan tepung gandum utuh. Selain kaya protein kandungan seratnya akan menurunkan kolesterol dan membuat Anda kenyang lebih lama.

Selamat memasak dan menikmati makanan sehat Anda! [initial]

Sumber: DuniaFitnes.com

Baca Juga

Tidak Hanya Ponsel, Kursi Juga Bisa Picu Sakit Kepala. Kok Bisa?

(vem/gil/df)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading