Sukses

Beauty

Awas, Kentang Yang Anda Makan Beracun!

Kentang, salah satu sumber karbohidrat yang lezat dan kaya manfaat. Selain berguna untuk menjadi bahan makanan, kentang juga bisa membuat kulit Anda lebih berseri dan bebas jerawat.

Sayangnya, ada sebuah fakta yang kurang baik dari umbi-umbian yang satu ini. Hati-hati bila Anda hendak mengolah atau mengonsumsi kentang. Meski tampak normal, mereka bisa saja berubah menjadi racun. 

Bagaimana Bisa?

Kentang umumnya berwarna coklat pucat dengan bagian dalam berwarna kuning. Biasanya, kentang bisa berubah warna menjadi kehijauan bila mereka terkena sinar matahari yang berlebihan. Penyimpanan yang salah, seperti suhu penyimpanan yang terlalu dingin atau hangat, bisa mengubah kentang menjadi kehijauan.

Bila kentang Anda sudah berubah warna seperti ini, jangan digunakan. Dilansir dari Snopes, warna hijau ini sebenarnya merupakan kandungan klorofil. Lho, klorofil kan baik bagi kesehatan?

Ups, ternyata masalahnya bukan di situ, Ladies. Klorofil dan warna kehijauan yang muncul itu bukanlah racun. Warna hijau hanya menjadi indikasi bahwa kentang terpapar cahaya atau penyimpanan yang kurang baik. Namun, apabila kentang terkena cahaya yang terlalu banyak, maka ia akan memproduksi sebuah zat yang bernama solanin.

Apakah Solanin? Apa Bahayanya?

Solanin adalah sejenis racun alamiah yang terdapat pada kentang berwarna hijau. Konsumsi solanin dalam jumlah yang tinggi bisa menyebabkan berbagai penyakit seperti diare, keracunan makanan, sakit kepala hingga mual dan muntah.

Kentang yang seperti ini biasanya memiliki rasa yang lebih getir dan pahit. Memotong bagian yang berwarna hijau bisa membantu menghilangkan kandungan solanin dalam kentang. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah resiko sakit, terutama bagi Anda yang memiliki alergi atau sensitivitas tinggi pada makanan.

Nah, bila Anda adalah penggemar kentang atau sering mengolah kentang, penyimpanan yang baik adalah pada suhu yang tidak terlalu dingin maupun hangat dan tidak terpapar cahaya terlalu banyak. Mencegah lebih baik daripada mengobati, bukan?

Baca Juga

Inilah Event Dengan Peserta Kembar Terbanyak di Dunia

Sulit Tidur? Stres? Nonton Video Bisik-Bisik Ala Maria Saja

Cuma Makan Mayonaise Bisa Dibayar 15 Juta Rupiah

10 Tips Mandiri Untuk Ibu Yang Sedang Menyusui

Waduh, Selama 66 Tahun Pria Ini Tak Tahu Bahwa Dirinya Adalah Wanita

Kalau Tubuh Manusia Bisa Ngomong, Dia Akan Protes..

5 Hal Yang Berubah Sejak Anda Menjalankan Diet

(vem/gil)
Artikel Selanjutnya
9 Tip Memasak Makanan Lebih Sehat Lagi
Artikel Selanjutnya
Yuk Ikutan Bake For Fund with Terry Palmer!
: