Sukses

Beauty

Jajal 5 Gerakan Yoga ini Saat Stres Melanda

Pikiran tenang, bebas stres dan mendapatkan keseimbangan batin. Setidaknya itulah yang menjadi keinginan setiap orang yang kerap bergelut dengan berbagai pressure dan stres dalam pekerjaan.

Mendengar kata 'yoga' saja seakan membawa kedamaian tersendiri dan menenangkan batin. Apalagi bagi Anda yang pernah mencoba yoga. Kini, pusat-pusat pelatihan yoga telah banyak bermunculan dan menawarkan berbagai metode latihan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Nah, agar Anda dapat menentukan metode yoga yang sesuai dengan tujuan dan kebutuhan Anda, ada baiknya Anda mengenal lebih dulu tentang berbagai metode yang ada dalam kelas-kelas yoga, di antaranya:

Hatha Yoga

Adalah Swani Kriyananda sebuah lembaga yang pertama kali mengembangkan Hatha yoga. Gabungan antara gerakan asana dan pranayama merupakan ciri khas dari Hatha yoga. Ditambah dengan melakukan meditasi singkat dan relaksasi di awal dan di akhir latihan menjadikan yoga klasik ini banyak diminati masyarakat perkotaan. Hatha yoga cocok bagi Anda mendambakan kelenturan, memperbaiki postur tubuh, meningkatkan fungsi panca indera, menjernihkan pikiran, dan mengurangi stres.

Iyengar Yoga

Iyengar-Yoga

Yogacharya B.K.S Iyengar, seorang guru spiritual yang pertama kali menemukan metode Yoga Iyengar yang kemudian diberi nama sesuai namanya. Beliau pula yang mengenalkan yoga ke negara-negara barat sehingga yoga bisa dikenal di seluruh dunia.

Menggunakan beberapa alat bantu seperti balok-balok kecil, tali, dan materi lain yang berbahan empuk merupakan ciri khas dari Iyengar yoga. Latihan ini berfokus pada kelembutan gerakan dari setiap bagian tubuh saat melakukan satu gerakan latihan atau latihan berurutan.

Manfaat utama dari Iyengar yoga adalah sama dengan Hatha yoga. Namun, metode ini lebih cenderung meningkatkan kekuatan fisik daripada spiritual.

Kundalini Yoga

Kundalini-yoga

Sekali pun tidak dipopulerkan di India, Kundalini yoga tetap menjadi pilihan banyak masyarakat dunia. Terutama kaum hawa. Kundalini diperkenalkan di negara barat oleh Yogi Bhajan. Kundalini merupakan sebutan untuk energi kecantikan dan feminin yang mengalir dari pangkal perinerum menuju tulang belakang sampai bagian kepala paling atas melalui pergerakan serabut ganda.

Metode ini membantu memaksimalkan energi tantra (seksual) yang kuat pada daerah pangkal tulang belakang dan menyalurkannya dari sepanjang tulang belakang sampai ke bagian kepala. Inilah mengapa Kundalini yoga menjadi metode yang paling diminati untuk meningkatkan gairah seksual.

Sivananda Yoga

Nama Sivanda diambil dari nama sang penemu, yaitu Swami Sivananda. Yoga Sivananda berguna untuk meningkatkan keseimbangan dari ketujuh chakra (pusat energi di sepanjang tulang belakang). Melibatkan beberapa gerakan asana yang lebih advance dan membutuhkan kemampuan fisik yang lebih tinggi. Setiap gerakan dalam Sivananda bertujuan untuk meningkatkan fungsi motoris dan energi tubuh. Mulai dari bagian kepala yang teratas dan hingga ke akar chakra yaitu pada pangkal tulang belakang. Baik dilakukan bagi Anda yang ingin menjaga tingkat energi saat beraktivitas.

Ashtanga Yoga

Ashtanga-Yoga

Jika Anda ingin meningkatkan kekuatan otot tubuh dan menginginkan yoga yang lebih menantang, mungkin Ashtanga yoga bisa memenuhi kebutuhan Anda. Jenis yoga yang membutuhkan kekuatan fisik ini diciptakan oleh K. Pattabhi Jois. Gerakan Ashtanga dilakukan secara cepat dari satu gaya ke gaya lainnya, dan merupakan latihan asana yang sangat membutuhkan kekuatan fisik. Kelenturan yang sesungguhnya dapat dibangun hanya dalam satu kali latihan dan seiring dengan berjalannya waktu, Ashtanga yoga dapat meningkatkan kekuatan, membentuk otot dan stamina.

Metode ini membutuhkan teknik dan pengetahuan latihan yang baik karena merupakan latihan tingkat lanjut dengan risiko cedera yang tinggi. Jika Anda ingin mencobanya, sebaiknya Anda didampingi oleh guru yoga.

Well, silahkan tentukan yoga manakah pilihan Anda. (dan)

BACA JUGA : Gejala Penyakit yang Sering diabaikan Saat Berolahraga

[initial]

(vem/df/dyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading