Sukses

Beauty

Ternyata Bukan Makanan Yang Bikin Anda Gemuk, Tapi Ini Nih

Selama ini makanan yang terus menerus dituduh sebagai faktor yang dapat membuat orang jadi gemuk. Namun herannya, sudah dikurangi makanan yang diasup, kok tubuh tidak kunjung langsing ya? Jadi sebenarnya badan gemuk ini salah siapa?

Ada banyak yang bisa dipersalahkan soal kegemukan Anda, ladies. Makanan mungkin memberikan pengaruh, jadi tetaplah lakukan diet sehat dan pilih makanan yang low calorie untuk menjaga berat badan. Namun, Anda juga perlu tahu bahwa banyak hal lain yang dapat membuat berat badan Anda naik dan enggan turun.

Kurang tidur

Siapa sangka kalau kurang tidur bisa bikin berat badan naik. Tentu saja bisa, saat kurang tidur, ternyata hormon dapat meningkatkan rasa lapar dan nafsu makan. Sehingga Anda akan cenderung mencari makanan dan membuat perut terasa kenyang. Porsi normal tidak akan cukup membantu Anda, sehingga Anda akan berusaha untuk makan lebih banyak dari biasanya.

Kalau sudah begini, bagaimana bisa berat badan turun?

Stres

Saat stres banyak orang berpikir bahwa ia akan kehilangan nafsu makan. Sayangnya, yang terjadi malah sebaliknya. Stres memicu otak untuk salah menangkap sinyal. Apabila tadinya ia merasa haus, ia akan membuat otak berpikir bahwa tubuh sedang lapar. Nafsu makanpun akan meningkat dan membuat Anda makan tak terkontrol.

Obat antidepresi

Obat antidepresi dan obat penenang lainnya, punya efek samping membuat Anda mudah lapar. Anda akan resah apabila belum mengonsumsi makanan, sehingga Anda akan mencari makanan dan memuaskan rasa lapar tersebut.

Steroid

Pengguna steroid tentu tahu bagaimana efek samping dari penggunaan obat ini. Peningkatan nafsu makan jelas akan dirasakan oleh semua pengguna steroid. Mereka juga akan makan lebih banyak makanan yang berlemak dan menggoda selera.

Obat-obatan tertentu

Beberapa obat-obatan ternyata dapat menyebabkan kegemukan dan berat badan bertambah. Untuk itu, selalu baca cara pakai dan efek samping dari obat yang Anda konsumsi. Apabila itu adalah obat racikan, maka Anda perlu bertanya pada dokter, efek samping apa yang biasa dialami saat mengonsumsi obat tersebut.

Pil KB

Sudah sering mendengar bagaimana pil KB dapat menaikkan berat badan? Itu bukan sekedar mitos lho, karena dalam pemakaian jangka lama, ia memang akan menaikkan berat badan Anda.

Berhenti merokok

Rokok mengandung nikotin yang dapat membuat orang selalu merasa kenyang dan kehilangan nafsu makan. Saat seseorang berhenti merokok, maka ia akan mudah merasa lapar, serta punya nafsu makan yang lebih baik. [initial]

BACA JUGA:

Awas! Makanan Diet Penggemuk Badan

Green Smoothie: Minuman Segar Rendah Kalori

7 Langkah Nyata Yang Harus Dilakukan Dalam Diet

Manfaat Apel untuk Diet

5 Tips untuk Hidup Lebih Sehat

(vem/bee)
;
Loading