Sukses

Beauty

Susah Bangun Pagi? Inilah Penyebabnya

Bagi sebagian orang, bangun pagi adalah hal yang mudah. Tidak perlu alarm, tidak perlu dibangunkan, mereka akan bangun bahkan sebelum matahari terbit. Orang seperti ini disebut morning person. Di sisi lain, ada juga manusia yang susahnya bukan main jika harus bangun pagi.

Dilansir oleh Geniusbeauty.com, tim ilmuwan dari University of Colorado Boulder, menjelaskan mengapa ada orang yang sangat sulit bangun pagi. Perbedaan ini terkait dengan kemampuan seseorang saat akan tidur, tingkat stres, emosi yang sedang memuncak dan masalah psikologis. Dari semua itu kebiasaan untuk tidur tepat waktu memainkan peran paling penting.

Telat Tidur, Telat Bangun

Jam tidur berpengaruh pada hormon melatonin, yang bertanggung jawab pada jam tubuh untuk tidur dan bangun. Jika Anda tidur di jam yang teratur, dua jam sebelum tidur, hormon ini akan meningkat drastis. Inilah penyebab Anda mengantuk. Setelah tidur, hormon ini akan berkurang sedikit demi sedikit hingga menjelang pagi. Saat hormon sudah habis, Anda terbangun.

Jika Anda tidur melebihi jam biasanya, maka hormon ini akan kacau. Anda jadi susah bangun pagi karena hormon melatonin masih tinggi di jam yang seharusnya Anda bangun. Inilah yang menyebabkan Anda merasa pusing dan lelah walaupun bangun lebih siang. Jadi, untuk mencegah sering bangun siang, sebaiknya Anda selalu tidur tepat waktu. Anda bisa membantu tubuh mengatur hormon-hormon untuk bekerja di jam-jam yang tepat. [initial]

BACA JUGA:

Wanita Butuh Tidur Lebih Lama Dari Pria

Ingin Sukses? Sering-Seringlah Bangun Siang!

4 Fakta Lucu dan Aneh Tentang Tidur

Sering Bertengkar Dengan Pacar? Mungkin Anda Kurang Tidur

Kurang Tidur dan Begadang Sebabkan Berat Badan Naik

(vem/yel)
Loading
Artikel Selanjutnya
7 Cara Agar Bisa Bangun Pagi Setiap Hari
Artikel Selanjutnya
Orang Yang Suka Melamun Cenderung Insomnia