Sukses

Beauty

Bahan-Bahan Berbahaya Yang Terkandung di Maskara

Terlihat seperti hal yang tidak berbahaya dan tidak akan menyakiti Anda, ternyata maskara menyembunyikan beberapa bahan yang dapat mengancam kesehatan.

Bahan-bahan tersebut sebagian besar ada yang masih digunakan oleh beberapa maskara, khususnya maskara yang kurang jelas merknya. Umumnya produk abal-abal tersebut meniru produk maskara yang terkenal, serta menjual dengan harga yang super miring.

Agar bulu mata tetap lentik dan cantik, serta kesehatan tidak terancam, kenali beberapa bahan berbahaya yang terkandung di dalam maskara berikut ini.

Phthalates

Bahan kimia ini berbahaya bagi ginjal, paru-paru, liver serta sistem reproduksi. Dan ternyata bahan ini juga salah satu antiandrogens, yang dapat mempengaruhi hormon seksual dan menyebabkan kemandulan.

Saat sedang hamil, Anda tidak disarankan memakai produk kecantikan apapun yang mengandung Phthalates, karena para ilmuwan percaya bahwa ia dapat menyebabkan keguguran.

Mirisnya, tak sedikit juga lho merk-merk maskara terkemuka yang mengandung bahan ini hingga sekarang.

Petrolatum

Petrolatum dikenal juga dengan nama lain petroleum jelly. Di sisi lain ia memang bermanfaat, namun di sisi yang berbeda ia berbahaya karena dapat berubah menjadi zat karsinogen yang dapat memicu kanker.

Paraben

Paraben ada berbagai macam, salah satunya adalah methylparaben dan propylparaben yang menyerupai hormon wanita. Apabila jumlahnya berlebihan maka ia dapat menyebabkan kanker payudara.

Seperti dilansir oleh BryanMarcel.com, methylparaben sekarang dikenal sebagai racun yang dapat mempengaruhi otak dan sistem syaraf. Menyebabkan iritasi serta kemerahan pada kulit, kering serta gatal bahkan peradangan.

Apabila terkena mata, maka efeknya akan menyebabkan iritasi pada mata serta kemerahan.

TEA (Triethanolamine)

The Occupational Safety and Health Administration di Amerika Serikat mengumumkan bahayanya tubuh apabila terpapar zat TEA. Banyak problem kesehatan seperti iritasi kulit, gangguan pernafasan. asma, mutasi gen, kanker, dan penyakit berbahaya lain yang diindikasi muncul karena paparan atau kandungan TEA dalam tubuh.

Diazolidinyl Urea

Zat yang satu ini berbahaya karena bisa melepaskan formaldehyde. Formaldehyde sendiri adalah zat kimia yang dapat menyebabkan insomnia, gangguan pernafasan, jantung berdebar, pusing, gelisah, sakit kepala dan merupakan salah satu zat penyebab kanker.

Pada akhirnya ia akan menyerang immune tubuh sehingga Anda akan mudah sakit dan terserang aneka virus dan bakteri.

Ethyl acetate

Zat ini tak hanya ditemukan pada maskara saja, tetapi juga pada rokok, lem serta cat kuku. Sangat potensial menyebabkan iritasi pada kulit serta pernafasan, merusak jantung, liverm paru-paru dan ginjal.

Sodium Lauryl Sulfate (SLS)

SLS adalah bahan yang juga digunakan pada pasta gigi, shampo dan beberapa produk kebutuhan wanita, sehingga tak heran apabila ia kemudian digunakan juga pada maskara. SLS dapat menyebabkan berbagai macam bahaya seperti iritasi kulit, depresi, gangguan pernafasan, iritasi mata, kerusakan mata, penyakit jantung, dan lain sebagainya.

Pada beberapa kasus kanker, ditemukan juga SLS sebagai salah satu zat yang membantu mengembangkan jumlah sel kanker.

Propylene Glycol

Sebenarnya FDA mengategorikan bahan yang satu ini sebagai bahan yang aman digunakan. Namun, beberapa penelitian menemukan bahwa zat ini cukup berbahaya karena dapat menyebabkan gangguan otak, ginjal serta liver.

Setelah mengetahui bahan-bahan berbahaya tersebut, lebih baik perhatikan dan waspada benar saat membeli maskara. Ketahui bahan-bahan pembuatannya sehingga Anda terhindar dari resiko penyakit yang mengancam. [initial]

BACA JUGA:

Cara Memakai Kosmetik Dengan Aman

Mata Tidak Bisa Dibuka Setelah Ekstensi Bulu Mata Palsu

Bahan-Bahan Berbahaya Yang Ada di Dalam Produk Kosmetik

Hati-Hati Penipuan Obat Pelangsing Murah dan Instant

Waspada Bila Sabun Anda Mengandung Sulfactan

Alasan Mengapa Harus Membersihkan Makeup di Malam Hari

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading