Sukses

Beauty

Jangan Takut Kolesterol Kalau Makan Kuning Telur

Biasanya saat makan telur, apakah Anda juga memakan bagian kuningnya?

Nah, sepertinya Anda sama seperti wanita lainnya juga, yang takut ancaman kolesterol karena makan kuning telur. Padahal, sebenarnya tak semua informasi yang Anda dengar itu benar. Makan sebutir telur kuning, tidak akan serta merta membuat kolesterol Anda naik.

Tentunya Anda sudah tahu ya kalau telur terdiri dari tiga bagian. Ada cangkang, putih telur kemudian kuning telur. Ketika Anda membuka sebutir telur, maka Anda akan melihat ada juga benang embrio yang menghubungkan bagian kuning dan putihnya. Benang tersebut yang akan melindungi dan memberi makan kuning telur agar tumbuh menjadi embrio dan anak ayam.

Sebagai calon embrio, kuning telur punya banyak manfaat bagi kesehatan.

Kuning telur mengandung vitamin-vitamin yang bahkan mungkin tidak ditemukan di bagian putihnya. Misalnya saja, vitamin B6, folat, vitamin B-1, vitamin A, D, E dan K. Selain vitamin, ada pula kandungan mineral di dalam kuning telur, seperti kalsium, magnesium, zat besi, sodium, dan selenium. Sebenarnya kandungan mineral tersebut juga ditemukan pada putihnya, namun ternyata hanya sedikit saja angka yang dikandung pada putih. Kalsium di dalam sebutir telur, 90%nya dikandung bagian kuning, dan hanya 10% saja yang berada pada putihnya. 93% zat besi juga terdapat pada bagian kuning, dan pada putihnya hanya ada 7% saja.

Baik untuk mata

Bagian kuning telur mengandung karotenoid yang bermanfaat bagi mata. Jenis karotenoid pada telur dikenal dengan nama lutein dan zeaxanthin. Kedua karotenoid tersebut akan membantu mencegah penurunan penglihatan, katarak, problem penglihatan lain, kerusakan retina, serta kemampuan fokus pada cahaya.

Kandungan choline

Karena kaya akan vitamin dan mineral, maka sebenarnya kuning telur juga baik untuk kesehatan jantung. Dari sejumlah penelitian yang ada, konsumsi kuning telur tidak menunjukkan problem kesehatan apapun pada jantung.

Bahkan kandungan choline akan berfungsi menjaga kesehatan jantung. Hal ini dibuktikan pada penelitian yang dilakukan di University of North Carolina, seperti dikutip dari livestrong, yang mengatakan jika 24% wanita pengonsumsi kuning telur justru terhindar dari ancaman resiko kanker payudara.

Tak ada salahnya juga kok jika Anda memasukkan kuning telur pada menu harian. Dengan porsi yang cukup dan wajar, maka kuning telur akan memberikan manfaat kesehatannya dengan baik.
BACA JUGA:

Waspada: Kurang Tidur Percepat Penuaan Kulit

Baca Yuk, Tips Agar Ginjal Tetap Sehat

Pengobatan Untuk Mencegah Migrain

Rajin Makan Sayur dan Buah Agar Terhindar Kanker Kandung Kemih

Guna Pepermint Sebagai Analgesik

Bahaya, Makanan Berkadar Alumunium Tinggi Beredar di China

Jahe Obat Anti Inflamasi?

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading