Sukses

Beauty

Makanan Penyebab Dan Pencegah Selulit

Selulit adalah salah satu masalah yang mengganggu penampilan wanita. Selulit tidak hanya menyerang mereka yang bertubuh gemuk, namun juga bisa menyerang mereka yang bertubuh langsing. Apalagi bagi mereka yang mengalami diet atau naik turun berat badan.

Selulit merupakan penumpukan sel-sel lemak pada jaringan kulit yang berlebihan, sehingga permukaan kulit tampak tidak rata seperti kulit jeruk. Jika ditanya bahaya atau tidak bagi kesehatan, jawabannya adalah tidak. Namun alarm kecantikan Anda tiba-tiba berbunyi. Menandakan ada yang tidak beres dengan penampilan Anda. Selulit menyebabkan kulit jadi tidak sedap dipandang.

Salah satu penyebab selulit Anda bisa mencegah selulit dengan tidak makan makanan di bawah ini, Ladies.

Makanan Yang Diproses

Makanan yang diproses biasanya mengandung pemanasan dan mematikan zat gizi yang diperlukan. Selain itu cenderung mengandung minyak dan kurang anti oksidan. Beberapa contohnya antara lain adalah junk food dan fast food.

Gula

Makanan yang manis juga mempengaruhi elastisitas kulit. Gula yang ada pada makanan manis cenderung menjadi lemak yang bisa membuat kulit kita mengalami selulit.

Makanan Kemasan

Makanan kemasan tidak lebih segar dari bahan makanan alami. Oleh karena itu biasanya zat gizinya pun tak sebaik makanan alami. Kandungan pengawetnya mengurangi elastisitas kulit dan memudahkan pembentukan lemak, selulit bahkan penuaan dini di kulit.

Sekarang, bila Anda ingin mengatasi masalah selulit, konsumsilah beberapa makanan dan minuman ini.

Air Mineral

Minum air minimal 8 gelas sehari, selain melembabkan dan mencukupi kebutuhan air dalam tubuh, akan membantu lemak agar tidak menggumpal di beberapa daerah tertentu saja. Logikanya begini, lemak adalah minyak, air dan minyak tidak dapat bersatu, tetapi air akan membawa lemak mengalir keluar dari dalam tubuh.

Buah

Cobalah untuk makan buah lebih banyak dari biasanya. Setiap sebelum makan berat, konsumsi buah terlebih dahulu. Seporsi buah yang bervariasi akan membantu Anda mengatasi masalah kulit seperti selulit.

Sayuran

Sayuran mengandung serat tinggi, vitamin dan air yang bisa membantu memberi tenaga dan antioksidan. Kulit jadi lebih mudah memproduksi kolagen dan meregenerasi sel-selnya. Sayur berwarna ini mengandung banyak vitamin C yang dibutuhkan untuk tubuh untuk mencegah terurainya collagen di dalam tubuh. Collagen sendiri berperan untuk membuat kulit lebih elastis dan lembab. Semakin elastis kulit, maka selulit tidak akan tinggal.

Kacang-kacangan

Konsumsi kacang-kacangan karena mengandung lemak baik untuk tubuh. Hindari konsumsi lemak hewani untuk sementara waktu. Kacang bisa membantu memberi tenaga, sekaligus memberikan nutrisi yang baik untuk kulit karena mengandung asam amino dan protein.

Tips Mengatasi Selulit

Lakukan massage dengan scrub kopi yang diberi perasan lemon. Dengan gerakan memutar berlawanan dari arah jarum jam, lakukan sekitar 1-2 kali seminggu. Bila tidak ingin iritasi, tambahkan minyak zaitun.

Jangan lupa lakukan olahraga yang membuat area rawan selulit seperti lengan dan kaki lebih banyak bergerak. Dengan demikian kulit akan lebih kencang dan lemak selulit akan sirna. Say goodbye to cellulite!

(vem/gil)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading