Sukses

Beauty

Takut Setelah Nonton Film Horor? Tidur Saja

Salah satu alasan seseorang tak bisa tidur adalah karena rasa takut. Apalagi kalau baru denger cerita serem, baru saja mengalami hal buruk atau bahkan baru nonton film horor. Sebenarnya, tidur justru membantu Anda lepas dari ketakutan itu lho.

Hal ini sudah diteliti oleh para ilmuwan dari Northwestern Medicine yang menguji apakah tidur bisa memberikan efek pada ketakutan seseorang.

Katherina Hauner ahli saraf dari Universitas Northwestern Feinberg School of Medicine menjelaskan bahwa efek dari tidur mungkin memang tidak terlalu signifikan, namun dengan tidur, ingatan mengenai hal buruk yang dialami seseorang bisa berangsur-angsur pulih.

"Ini penemuan baru. Kami menemukan penurunan rasa takut yang sedikit, tapi penting," kata Katherine.

Untuk mengurangi efek rasa takut tersebut, sebaiknya orang yang tidur juga menikmati aroma-aroma menenangkan seperti mint, kayu-kayuan, teh atau aroma lain yang menenangkan. Aroma seperti ini bisa membantu mengurangi ketakutan dan membuat kita lebih tenang saat bangun tidur.

Ada beberapa tips juga yang bisa membuat Anda teralihkan dari rasa takut dan tegang. Bila Anda memang ketakutan karena hal buruk yang baru terjadi, Anda bisa berdoa atau melakukan meditasi. Tindakan spiritual juga bisa membantu menenangkan batin dan menyiapkan pikiran untuk lebih tenang sebelum tidur.

Bila Anda takut karena menonton film horor, maka alihkan pada hal yang membutuhkan fokus lain. Misalnya main game ringan di ponsel, menata kamar atau melakukan kesibukan selama 1 jam sebelum tidur. Dengan demikian Anda bisa menurunkan kadar ketakutan yang Anda alami.

Nah, setelah itu, bersihkan tangan dan kaki serta tempat tidur Anda. Istirahatlah dengan nyenyak. Tepis pikiran negatif karena itu hanya dari pikiran Anda sendiri saja.

 

(vem/gil)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading