Sukses

Beauty

6 Foto Kampanye Anti Anoreksia Yang Membuat Shock

Anoreksia, sebuah kelainan atau masalah pola makan yang banyak dialami wanita. Gangguan pola makan ini berada dalam wilayah kejiwaan seseorang. Menyembuhkan anoreksia tidak semudah memberikan sepiring makan pada seorang wanita dan memintanya makan.

Banyak penderita anoreksia menyadari bahwa kondisi mereka sangat menyedihkan, namun mereka tidak bisa menghentikan kebiasaan hanya sedikit makan atau memuntahkan kembali makanan. Ada banyak suara dalam kepala mereka yang mengatakan bahwa mereka gemuk, padahal tubuh mereka sudah sangat kurus dan tidak sehat.

Menyembuhkan anoreksia sangat sulit, banyak organisasi melakukan kampanye yang membantu wanita keluar dari gangguan makan ini. Kampanye-kampanye ini sangat miris dan membuat wanita shock. Harapannya, kampanye ini dapat membantu para wanita kembali pada pola makan yang sehat.

Daripada mengejek penderita anoreksia, bantulah mereka dengan menyebarkan kampanye ini.

(vem/yel)

Foto Tanpa Busana Model Anoreksia Sungguhan

Inilah salah satu kampanye anti anoreksia yang paling terkenal di dunia. Model dalam foto ini bernama Isabelle Caro. Wanita berasal dari Prancis dan sudah 15 tahun berjuang melawan penyakitnya. Sementara itu sang fotografer adalah Oliviero Toscani. Kampanye ini dilakukan oleh merk fashion Nolita.

Meskipun awalnya ditujukan untuk wanita muda di Italia, kampanye ini tersebar ke seluruh dunia. Dalam potret di atas, tampak Isabelle difoto tanpa pakaian sama sekali. Payudaranya tampak sangat rapuh dan tidak sehat. Tubuhnya tinggal kulit yang terbungkus tulang. Banyak orang mengatakan foto ini seperti mayat hidup.

Kampanye ini sangat kontroversial, namun berhasil menunjukkan simpati banyak orang pada penderita anoreksia, bahwa mereka bermasalah dalam kejiwaan, tidak sekedar ingin kurus semata. Sayangnya, Isabelle meninggal pada tanggal 17 November 2010.

Fashion Bisa Mengubah Wanita Jadi Mayat Hidup

Fashion dan mode selalu menampilkan gadis-gadis bertubuh langsing dan kurus. Percaya atau tidak, banyak wanita mengalami anoreksia dan bulimia karena tekanan fashion yang menampilkan gadis-gadis langsing ini. Dan faktanya, ada beberapa model yang juga menderita anoreksia dan bulimia demi karir mereka.

Inilah yang menjadi sorotan Forum Crisalide dari Italia, mereka menyoroti  bagaimana gadis-gadis muda sangat terobsesi memiliki tubuh sangat kurus hingga mengalami gangguan pola makan. Kampanye ini menjadi pukulan keras untuk menyoroti besarnya efek bulimia dan anoreksia, bahkan penderita bertambah tiap tahun.

Iklan ini menggunakan gambar yang cukup mengerikan, satu gambar tampak seorang wanita menjadi boneka manekin menyeramkan, yang satu lagi menggambarkan wanita yang tampak kurus bagai mayat hidup. Ada banyak kata-kata yang meyakinkan para gadis muda bahwa fashion dapat menjadi salah satu sebab gangguan pola makan. Kampanye ini juga menyampaikan bahwa bulimia dan anoreksia menyebabkan penyakit mematikan.

Cermin Ajaib Penderita Anoreksia

Seperti yang sudah sering dijelaskan, penderita anoreksia punya masalah di dalam pikiran mereka. Walau tubuhnya sudah sangat kurus dan tidak sehat, setiap kali bercermin, yang mereka lihat adalah tubuh yang gemuk. Seringkali ada suara-suara dalam kepala mereka yang mengatakan "Kamu gemuk, kamu gemuk," inilah yang membuat mereka menderita dan tidak bisa menghentikan suara-suara imajinasi itu.

Kampanye ini menjelaskan semuanya, dibuat oleh Martin Stadhammar dari Grey Stockholm dan  Oskar Bard dari Hobbyfilm. Kampanye ini bertujuan agar kesadaran masyarakat meningkat dan lebih peduli pada penderita anoreksia ataupun bulimia. Mereka juga mengumpulkan dana sumbangan untuk membantu penderita anoreksia. Diharapkan, masyarakat bisa mengerti bahwa anoreksia tidak semudah memberi banyak makanan pada mereka.

Penderita Anoreksia Butuh Bicara dan Dukungan

Apa yang membuat penderita anoreksia menderita? Karena banyak orang menjauh dari mereka, karena banyak orang tidak mau mendengarkan latar belakang gangguan makan mereka. Mereka sering dianggap aneh, padahal penderita anoreksia butuh dukungan lebih untuk cepat sembuh. Penderita anoreksia dan bulimia yang mendapat dukungan sembuh dari keluarga dan orang yang mereka sayangi lebih cepat pulih.

Kampanye ini dilakukan di Swiss pada tahun 2007. Dibuat oleh Saatchi & Saatchi Simko. Judul kampanye ini adalah Umbrella. Seperti yang Anda lihat, ada gadis memakai payung dan topi sedang bersembunyi di balik tiang tipis. Penderita anoreksia bersembunyi di balik tiang adalah gambaran betapa kurus dan rapuhnya tubuh mereka.

Kampanye ini bertujuan agar penderita anoreksia mau bercerita tentang masalahnya, bukan malah bersembunyi. Selain itu, kampanye ini mengajak kita agar lebih peduli dan mau merangkul penderita anoreksia hingga mereka sembuh.

15 Persen Penderita Anoreksia Meninggal

Kampanye yang satu ini mengundang kontroversi dan kritik besar. Walaupun gangguan makan anoreksia dan bulimia sudah menjadi hal yang menarik perhatian dunia, masih ada kampanye-kampanye yang dianggap tabu. Salah satunya adalah kampanye yang dilakukan di Israel. Iklan ini dirancang khusus untuk sebuah organisasi independen di Israel.

Kampanye ini menunjukkan orang-orang yang sedang berduka dalam sebuah pemakaman. Ada peti jenazah yang diangkat dan menggambarkan bahwa dia adalah salah satu korban anoreksia. Iklan ini menyebarkan bahaya gangguan pola makan yang dapat berakibat pada kematian. Pesannya adalah, 15 persen penderita anoreksia meninggal. 

Mulut Yang Dijahit Agar Tidak Makan

Iklan ini bernama MOUTH, Anda mungkin melihat iklan ini tampak mengerikan karena mulut sang model dijahit sebagai bentuk tidak ingin makan. Iklan yang tampak sederhana dalam warna hitam putih ini sudah menggambarkan isinya. Ditambah lagi dengan tulisan kecil "Don't let eating becomes a torture", "Jangan jadikan makan sebagai sebuah penyiksaan,".

Penderita anoreksia memang sering tersiksa saat mereka makan. Mereka tahu bahwa makan berguna untuk tubuh mereka, namun di sisi lain mereka menolak karena makanan dapat menyebabkan kegemukan. Sebuah pemikiran yang memang keliru, karena itulah kampanye ini dilakukan, bahwa makan bukanlah sebuah penyiksaan.

Kampanye ini diselesaikan oleh sebuah agen iklan bernama Publicis Espana di Spanyol. Diharapkan, iklan yang sudah beredar di tahun 2001 bisa menyadarkan para wanita untuk jauh dari gangguan pola makan bulimia ataupun anoreksia.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading