Sukses

Beauty

Cara Mencegah dan Mengatasi Rambut Bercabang

Salah satu masalah rambut yang paling membuat pusing adalah rambut bercabang. Rambut bercabang adalah ujung rambut yang rapuh, kering dan tampak bercabang. Hal ini membuat rambut tampak jelek.

Ada dilema besar bagi pemilik rambut bercabang. Di satu sisi Anda tidak ingin rambut bercabang membuat kesan kusam. Di sisi lain rambut yang sudah panjang rasanya sayang dipotong ujungnya agar si rambut bercabang hilang. Lagipula rambut bercabang cenderung sulit disembuhkan jika hanya dipotong saja.

Lalu harus bagaimana agar rambut bercabang tidak semakin merusak rambut dan bagaimana mengatasi rambut bercabang?

Ini tipsnya:

Teratur merapikan ujung rambut

Setiap 3 bulan sekali, lakukan trim atau merapikan ujung rambut. Anda tidak perlu memotong rambut secara ekstrim, cukup rapikan saja bagian ujungnya. Selain membuat potongan rambut tampak rapi, cara ini bisa menghindari rambut bercabang.

Jangan sisir rambut saat basah

Rambut paling rapuh dalam kondisi basah. Karena itu hindari menyisir rambut dalam kondisi masih basah. Jika Anda ingin rambut rapi, sisir dulu rambut sebelum keramas. Bisa juga menggunakan sisir dengan memakai jari tangan. Jika masih ingin rambut lebih rapi, gunakan sisir dengan gigi yang sangat jarang (yang bentuknya seperti garpu).

Selalu pakai kondisioner

Jangan pernah absen memakai kondisioner. Kondisioner akan merapikan kutikula rambut yang terkena shampo, sehingga rambut lebih berkilau dan sehat. Pakailah kondisioner pada separuh rambut hingga ujungnya. Jika rambut Anda berpotensi kering, gunakan serum rambut pada bagian ujung dalam keadaan rambut masih lembab.

Sering lakukan hair mask

Selain kondisioner, rambut harus mendapatkan nutrisi dari luar dan melindunginya dari bahaya radikal bebas. Gunakan hair mask dua minggu sekali atau seminggu sekali untuk menjaga kondisi rambut tetap sehat berkilau dan bebas dari kering di bagian ujung.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda coba. Punya tips lain? Silakan bagi di kolom komentar.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading