Sukses

Beauty

Cara Alami Mengatasi Bruntusan di Kulitmu

Bruntusan bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Dan umumnya disebabkan karena reaksi alergi, digigit serangga, karena cuaca, polusi udara, infeksi, tidak tahan bahan kimia, atau saat sedang melakukan pengobatan tertentu.

Selain gatal dan kemerahan, bruntusan membuat tampilan kulit jadi tidak cantik. Apabila digaruk, maka ia dapat menyebabkan bekas di kulit yang tidak mudah menghilangkannya. Bahkan menggaruk area bruntusan dapat menyebabkan kulit mengalami infeksi.

Agar bruntusan tidak semakin parah, sebenarnya ada beberapa cara alami yang bisa Anda coba. Dengan menggunakan bahan-bahan ini, bruntusan bisa sedikit diringankan dan perlahan bisa dihilangkan.

Gunakan baking soda

Baking soda ini sudah cukup beken membantu beberapa problem kulit, terutama kulit berjerawat dan gatal-gatal. Baking soda punya bahan anti peradangan yang berperan sebagai neutralizer asam secara alami.

Campurkan 1 sdt baking soda dengan air, kemudian aplikasikan pada area yang bruntusan. Diamkan selama satu jam, kemudian bilas dengan air dingin.

Namun perlu diketahui bahwa baking soda sebaiknya tidak diaplikasikan pada kulit yang terbuka atau mengalami luka, karena akan memicu terjadinya luka yang semakin parah atau infeksi.

Oatmeal

Mengandung bahan antioksidan dan ampuh mengatasi iritasi, oatmeal akan memberikan efek mendinginkan serta membuat kulit jadi lebih lembut.

Campurkan oatmeal dengan air hangat dan biarkan mekar. Kemudian diamkan sejenak sampai agak dingin, baru diaplikasikan pada wajah atau kulit bagian lain yang mengalami bruntusan.

Biarkan selama 30 menit kemudian baru dibilas dengan air dingin. Efeknya biasanya instant, karena bruntusan akan mereda gatal serta kemerahannya.

Kompres air dingin

Sensasi dingin akan meredakan gatal karena menenangkan sel syaraf. Oleh karena itu, apabila bruntusan terasa gatal, jangan digaruk. Lebih baik dikompres saja dengan air dingin sampai gatalnya mereda.

Lemon

Lemon juga ampuh mengatasi gatal dan berperan sebagai antiseptik serta anti peradangan. Cukup iris tipis lemon, kemudian aplikasikan di area yang bruntusan. Biarkan sejenak dan rasa gatal akan terasa berkurang, kulit juga terasa lebih dingin.

Gunakan minyak cengkeh

Kalau Anda pergi ke toko salon dan spa, cari sebotol kecil minyak cengkeh. Minyak ini mengandung bahan eugenol yang mampu mengatasi rasa gatal dan menenangkan kulit. Lebih baik dicampur dengan sedikit air terlebih dahulu sebelum diaplikasikan di area yang bruntusan karena efeknya cukup kuat.

Aplikasikan lidah buaya

Lidah buaya memberikan efek dingin serta meredakan gatal akibat bruntusan. Lidah buaya kaya akan vitamin E yang ampuh mengatasi luka bakar dan gatal akibat iritasi.

Aplikasikan saja gel lidah buaya di area gatalnya, kemudian bilas dengan air dingin. Apabila Anda malas ribet, Anda juga bisa kok membeli gel lidah buaya di apotik atau toko obat terdekat.

Selain itu, apabila Anda bruntusan, disarankan agar mengganti sabun mandi dengan yang mengandung antiseptik agar bruntusan lekas reda. Selalu seka keringat menggunakan tissue saat udara panas, sehingga tidak menyebabkan iritasi dan gatal-gatal pada kulit.

 (vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading