Sukses

Beauty

Makanan Yang Tinggi Kandungan Melatonin

Melatonin adalah kandungan hormon yang ditemukan dalam tumbuhan, hewan serta mikroba yang dapat membantu mengatasi problem sulit tidur. Biasanya melatonin dikenal sebagai salah satu kandungan dalam obat tidur yang diberikan pada mereka yang sering sekali mengalami insomnia.

Dikonsumsi dalam bentuk pil, melatonin menjadi salah satu obat yang membantu banyak orang agar kembali dapat tidur nyenyak. Tetapi, sejauh ini mengonsumsi obat tersebut memang harus dalam pengawasan dokter. Hanya mengandalkan pada obat itu saja akan membuat seseorang mengalami ketergantungan.

Seperti disebutkan di atas, ada beberapa bahan tumbuhan yang ternyata mengandung melatonin. Dibandingkan dengan obat-obatan yang biasa dijual di toko obat, tentunya akan lebih mudah dan jauh lebih mengurangi efek samping apabila Anda mau mengonsumsi melatonin melalui makanan berikut ini:

Cherry

Buah yang satu ini juga bukan buah yang mudah ditemui di Indonesia. Namun, sudah banyak kok yang menjual dalam versi kalengan atau buah segar.

Cherry mengandung melatonin secara alami, yang akan membantu mengembalikan tidur nyenyak Anda. Bahkan, ia bisa disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama ketika sudah dikeringkan atau dijadikan manisan.

Ilmuwan menyarankan apabila Anda mengalami problem kesulitan tidur untuk mengonsumsi buah cherry setidaknya satu jam sebelum tidur.

Pisang

Potassium dan magnesium di dalam pisang dapat membantu merilekskan otot tubuh. Ketika tubuh berada dalam kondisi rileks, tidur akan jauh lebih mudah.

Selain itu, pisang juga dikatakan mengandung amino acid L-tryptophan, sebuah bahan yang akan menghasilkan 5-HTP di otak. 5-HTP itu sendiri kemudian akan menjadi hormon serotonin dan melatonin secara alami.

Susu hangat

Memetik manfaat dari hewan, susu hangat ternyata dapat membantu mengatasi tidur dan merelakskan tubuh sebelum tidur. Hal ini juga yang menyebabkan para ibu menyediakan susu putih hangat kepada anaknya sebelum tidur, agar saat tidur mereka bisa tetap nyenyak dan tidak resah.

Kombinasi susu putih dan buah pisang juga membantu meningkatkan produksi 5-HTP yang pada akhirnya akan menghasilkan melatonin di dalam tubuh.

Oatmeal

Dr. Oz sendiri seringkali menyarankan konsumsi terhadap oatmeal agar dapat meningkatkan kualitas tidur. Mereka yang mendapatkan sarapan pagi dan mengisinya dengan oatmeal dikatakan memiliki tidur yang lebih berkualitas dan jarang mengalami insomnia serta kesulitan tidur.

Roti tawar

Kandungan karbohidrat di dalam makanan dapat memancing produksi insulin di dalam tubuh. Inilah kenapa Anda merasa lebih berenergi ketika mengonsumsi karbohidrat. Tetapi, tentunya karbohidrat yang jumlahnya berlebihan hanya akan mempercepat lapar. Sehingga Anda harus cerdas memilih makanan yang mengandung karbohidrat.

Pastikan saat Anda akan tidur, perut dalam kondisi kenyang dan tidak lapar, sehingga tubuh tidak resah dan terganggu hingga tak bisa tidur.

Cara paling mudah dan menyenangkan adalah minum segelas susu putih hangat sebelum tidur. Tak perlu takut gemuk, karena sebenarnya saat tidur Anda juga sedang membakar kalori.

Dapatkan kembali tidur nyenyak Anda, dan tubuh yang sehat serta bugar setiap hari.

 (vem/bee)
;
Loading