Sukses

Health

5 Makanan Tinggi Kandungan Melatonin yang Membuat Tidur Nyenyak

Melatonin adalah kandungan hormon yang ditemukan dalam tumbuhan, hewan serta mikroba yang dapat membantu mengatasi masalah sulit tidur. Biasanya melatonin dikenal sebagai salah satu kandungan dalam obat tidur yang diberikan pada mereka yang sering sekali mengalami insomnia.

Dikonsumsi dalam bentuk pil, melatonin menjadi salah satu obat yang membantu banyak orang agar kembali dapat tidur nyenyak. Tetapi, sejauh ini mengonsumsi obat tersebut memang harus dalam pengawasan dokter. Hanya mengandalkan pada obat itu saja juga akan membuat seseorang mengalami ketergantungan.

Seperti disebutkan di atas, ada beberapa bahan tumbuhan yang ternyata mengandung melatonin. Dibandingkan dengan obat-obatan yang biasa dijual di toko obat, tentunya akan lebih mudah dan jauh lebih mengurangi efek samping apabila kita mengonsumsi melatonin melalui makanan-makanan sehat berikut ini.

1. Ceri

Buah yang satu ini mungkin bukan buah yang mudah ditemui di Indonesia. Namun sudah banyak kok yang menjual dalam versi kalengan atau buah segar. Cherry mengandung melatonin secara alami yang akan membantu membuat tubuh mengantuk dan membuatmu tidur nyenyak.

Bahkan, buah ceri bisa disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama ketika sudah dikeringkan atau dijadikan manisan. Ilmuwan menyarankan untuk mengonsumsi buah cherry setidaknya satu jam sebelum tidur apabila mengalami masalah kesulitan tidur.

2. Pisang

Kalium dan magnesium di dalam pisang dapat membantu merilekskan otot tubuh. Ketika tubuh berada dalam kondisi rileks, tidur akan jauh lebih mudah untuk merasa mengantuk. 

Selain itu, pisang juga dikatakan mengandung amino acid L-tryptophan, sebuah bahan yang akan menghasilkan 5-HTP di otak. Senyawa 5-HTP itu sendiri kemudian akan menjadi hormon serotonin dan melatonin secara alami sehingga membuat tubuh lebih mudah mendapatkan tidur yang nyenyak.

3. Susu hangat

Kita bisa memetik manfaat dari susu sapi. Susu hangat ternyata dapat membantu mengatasi masalah susah tidur dan merelaksasi tubuh sebelum tidur. Hal ini juga yang menyebabkan para ibu menyediakan susu putih hangat kepada anaknya sebelum tidur, agar anak bisa tidur dengan nyenyak dan tidak resah.

Kombinasi susu putih dan buah pisang juga membantu meningkatkan produksi 5-HTP yang pada akhirnya akan menghasilkan melatonin di dalam tubuh.

4. Oatmeal

Dr. Oz sendiri seringkali menyarankan konsumsi terhadap oatmeal agar dapat meningkatkan kualitas tidur. Mereka yang sarapan pagi dan mengisi perutnya dengan oatmeal dikatakan memiliki tidur yang lebih berkualitas dan jarang mengalami insomnia atau kesulitan tidur.

5. Roti tawar

Kandungan karbohidrat di dalam roti tawar dapat memancing produksi insulin di dalam tubuh. Inilah kenapa kamu merasa lebih berenergi sekaligus mudah mengantuk ketika mengonsumsi karbohidrat. Tetapi, tentunya sebaiknya makan roti tawar dengan jumlah yang secukupnyaa agar tidak justru menambah berat badan. 

Pastikan juga perut dalam kondisi kenyang dan tidak lapar saat akan tidur sehingga tubuh tidak resah dan terganggu hingga tak bisa tidur ya Sahabat Fimela. 

 

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading