Sukses

Beauty

Cara Cepat Atasi Sariawan Mengganggu

Aduh Ladies, kalau sariawan sudah muncul pasti mengganggu sekali ya. Perih rasanya. Makan panas perih, apalagi makan pedas. Sariawan biasa muncul di mana saja di bagian dalam mulut. Di belakang dinding pipi, di atas atau bawah lidah, atau di langit-langit mulut bisa saja tempat sariawan tumbuh. Penyakit mulut ini dapat terjadi karena infeksi atau jika ada jaringan dalam mulut Anda yang terluka, contohnya saja karena terbentur sikat atau tergigit.

Ketidaknyamanan yang ditimbulkan oleh sariawan membuat orang mencari obat yang cepat menghilangkan sariawan. Seperti yang dilansir dari boldsky.com, kami mempunyai cara cepat untuk menghilangkan sariawan. Apa saja sih Ladies?

Hindari makanan asam

Makanan dengan rasa asam dapat menyebabkan iritasi pada permukaan kulit yang terkena sariawan. Jadi, langkah pertama untuk menyembuhkan sariawan adalah menghindari buah-buahan dengan rasa masam, seperti jeruk atau lemon.

Vitamin B

Seseorang yang kekurangan zat besi atau B 12 akan lebih mudah untuk mengalami sariawan. Tidak tanggung-tanggung ini Ladies, jika Anda kekurangan zat besi atau B 12 sariawan yang tumbuh bisa parah dan tak kunjung sembuh. Jadi Anda sudah tahu kan Ladies apa penyebab sariawan? Suplemen vitamin B 12, suplemen b 9, serta makanan yang banyak mengandung seng dan zat besi dapat membantu Anda untuk mencegah dan menyembuhkan sariawan.

Air dan baking soda

Usapkan campuran pasta baking soda dan air pada bagian yang tumbuh sariawan. Tapi Anda pasti sudah mengira kalau rasanya perih sekali. Tetapi semakin perih yang Anda rasakan, akan semakin efektif obat ini bekerja. Bahan campuran air dan pasta baking soda ini adalah cara cepat menyembuhkan sariawan.

Air kelapa

Terkadang, sariawan disebabkan oleh panas tubuh yang berlebihan. Air kelapa dipercaya dapat memberikan efek dingin. Konsumsilah air kelapa untuk menstabilkan panas tubuh dan mengurangi sariawan.

Air dan garam

Air yang dicampur garam ternyata juga salah satu campuran untuk mengatasi sariawan. Kumurkan air garam selama dua atau tiga kali sehari untuk mengurangi rasa sakit dan tidak nyaman yang ditimbulkan oleh sariawan. Air garam juga dipercaya dapat mengurangi infeksi pada mulut Anda.

Gliserin

Anda bisa mendapatkan gliserin di apotek atau supermarket terdekat dari rumah Anda. Gliserin dapat mengurangi produksi air liur yang membuat sariawan semakin terinfeksi. Dengan cara kerja seperti itu, gliserin dapat membantu penyembuhan sariawan Anda.

Kurangi konsumsi kopi

Kopi memberikan efek diuretik sehingga dapat mengurangi kadar air dalam tubuh. Sehingga ketika kadar air dalam tubuh berkurang, panas tubuh meningkat. Ketika panas tubuh meningkat, Anda pasti bisa menebak apa yang terjadi. Ya, sariawan pun tak kunjung sembuh.

Vitamin C

Untuk mempercepat proses penyembuhan, selain mengonsumsi suplemen vitamin B 12 atau menambah konsumsi makanan yang mengandung zat besi tinggi, vitamin C juga memiliki peran yang hampir sama dalam mengatasi sariawan. Memperbanyak konsumsi vitamin C juga dapat membantu proses penyembuhan sariawan Anda.

Selamat mencoba ya Ladies. Jika sariawan tak kunjung sembuh, jangan lupa untuk mengunjungi dokter.

(vem/and)
Loading
Artikel Selanjutnya
Benarkah Sikat Gigi Setelah Makan Berbahaya?
Artikel Selanjutnya
Strawberry: Pemutih Gigi Alami