Sukses

Beauty

Marah-Marah Gara-Gara PMS? Makan Ini Nih Biar Tenang

Setiap bulan ada saatnya wanita menjadi sangat lelah, sensitif, dan mudah marah. Ketika saat ini tiba pun, hasrat untuk 'ngemil' pun pasti meningkat. Daripada Anda nyemil yang tidak sehat, cari tahu makanan sehat yang membuat siklus bulanan Anda lebih lancar. Dilansir dari sheknows.com, kami punya petunjuk makanan apa saja yang baik untuk Anda konsumsi pada saat menstruasi.

Konsumsi karbohidrat kompleks
Buah-buahan, sayuran, dan nasi adalah teman terbaik selama masa menstruasi. Buah dapat membantu Anda untuk mengurangi ketagihan pada gula. Anda juga dapat mengonsumsi aprikot, jeruk, plum, pir, timun, jagung, atau wortel.

Jangan minum kafein
Mengurangi asupan kafein dapat membantu mengurangi kembung dan menenangkan perut. Kafein ternyata dapat meningkatkan asam lambung dan melukai usus.

Konsumsi makanan yang kaya kalsium
Menurut para ahli, wanita membutuhkan minimal 1200 mg kalsium setiap harinya. Konsumsilah makanan dengan kalsium yang tinggi seperti kangkung, brokoli, dan yogurt.

Jangan makan terlalu banyak garam
Garam memang penting untuk tubuh, tapi konsumsi garam yang berlebihan dapat menyebabkan kembung pada perut Anda. Cara terbaik untuk mengontrol asupan garam adalah dengan menghindari makanan olahan dan cepat saji. Makanan olahan dan cepat saji mengandung 3 sampai 4 kali lipat garam dalam 1 kali makan.

Konsumsi coklat
Coklat mengandung anti oksidan yang sangat baik untuk meningkatkan serotonin. Nah Ladies, dengan meningkatnya serotonin ini, suasana hati Anda akan meningkat pula.

Perbanyak minum air
Minum banyak air dapat mengurangi kembung dan mengurangi nafsu makan Anda. Semakin banyak Anda mengonsumsi air, semakin sehat pula tubuh Anda.

Konsumsi makanan yang kaya magnesium
Makanan yang kaya magnesium seperti kacang-kacangan dan tahu dapat mengurangi kembung dan nyeri saat menstruasi.

Jangan lupakan vitamin
Perbanyak konsumsi vitamin apalagi saat Anda haid. Vitamin E dapat mengurangi gejala PMS lho Ladies. Vitamin E banyak terkandung dalam alpukat dan kuning telur. Sedangkan vitamin B6 yang Anda temukan pada kentang, pisang, dan oatmeal dapat mengurangi nyeri haid dan memperbaiki suasana hati Anda. Dan yang terakhir, vitamin C dan seng. Vitamin C dan seng berguna untuk melindungi sel telur dan sistem reproduksi.

Konsumsi makanan tersebut di atas dan hindari apa yang seharusnya dihindari Ladies. Suasana hati akan membaik, nyeri haid pun pergi.

(vem/and)
Loading
Artikel Selanjutnya
Anemia Itu Bukan Darah Rendah, Ladies Waspadalah!
Artikel Selanjutnya
Keajaiban Air Embun Yang Menyehatkan