Sukses

Beauty

Warna Urin Tunjukkan Gejala Penyakit, Silakan Cek di Sini!

Setiap orang selalu buang air kecil setiap hari. Kadang ada warna-warna yang berubah pada air seni atau air kencing Anda. Hati-hati, warna tertentu bisa menunjukkan gejala sakit.

Untuk mengetahui apakah tubuh Anda sehat, cukup air dan tidak ada masalah dengan organ dalam, warna air kencing bisa memberi jawaban. Dilansir oleh Dailymail.co.uk, Kamis (4/12),  Cleveland Clinic, di Ohio membagi diagram warna urine yang bisa jadi patokan. Coba perhatikan warna air kencing Anda setiap saat dan cocokkan dengan diagram di bawah ini. Setiap warna memiliki arti yang berbeda.

Foto: dailymail.co.uk

Tidak Ada Warna, Transparan

Anda minum air terlalu banyak. Coba kurangi sedikit jumlah air yang dikonsumsi.

Kuning Sangat Pucat Transparan

Ini warna normal, tubuh Anda mendapat cukup air.

Kuning Transparan

Ini adalah warna air kencing normal.

Jika Anda memiliki warna-warna di atas, berarti tubuh Anda sudah cukup air dan kemungkinan besar tidak memiliki masalah dengan ginjal atau organ bagian dalam lainnya.

Foto: dailymail.co.uk

Namun berhati-hatilah jika Anda menemukan warna-warna ini dalam air kencing Anda saat buang air kecil.

Kuning Gelap

Normal, tapi Anda harus segera minum air putih.

Warna Madu

Tubuh Anda kekurangan cairan, segera minum air sekarang juga!

Warna Cokelat Kehijauan

Anda mungkin mengalami masalah hati atau dehidrasi berat. Minum air dan segera konsultasikan pada dokter untuk mengetahui kepastian penyebabnya.

Pink Kemerahan

Jika Anda baru makan bit, blueberry atau buah-buahan dengan warna ungu pekat, kemungkinan ini adalah warna alami buah yang terbuang. Namun jika tidak makan buah-buahan itu tapi memiliki warna air kencing seperti ini, Anda mungkin mengalami pendarahan di saluran kencing. Warna ini juga bisa menandakan masalah ginjal, tumor, infeksi kandung kencing, masalah prostat atau masalah lain. Warna air kencing ini juga bisa menandakan keracunan merkuri. Segera periksa ke dokter.

Orange

Anda mungkin tidak cukup minum air. Bisa jadi ada masalah hati atau empedu. Bisa juga karena pewarna makanan. Segera hubungi dokter Anda.

Foto: dailymail.co.uk

Ungu

Seharusnya tidak ada air seni berwarna ungu.

Air Kencing Berbuih

Beberapa orang kadang mengalami masalah air kencing yang berbuih atau tampak seperti soda. Hal ini dapat disebabkan karena efek hidrolik yang tidak berbahaya. Bisa juga menjadi sinyal kelebihan protein dalam makanan sehari-hari. Atau kemungkinan lain adalah masalah pada ginjal.

Dengan perbedaan warna ini, Anda bisa lebih peduli dan waspada dengan gejala penyakit yang ditunjukkan melalui air kencing. Selalu perhatikan warna air kencing Anda, karena kalau bukan Anda yang peduli, siapa lagi?

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading