Sukses

Beauty

Bedanya Pilek Dan Flu Menurut Ilmu Medis

Selama ini Anda berpikir kalau flu dan pilek adalah hal yang sama. Tetapi ternyata dua penyakit itu adalah penyakit yang berbeda.

Dikutip dari Vicks.co.id, sebuah laman resmi dari produk yang membantu meredakan flu, batuk dan pilek sejak 100 tahun yang lalu, flu dan pilek adalah berbeda.

Keduanya sama-sama menyerang pernafasan, tetapi memiliki manifestasi klinis yang tidak sama.

Pilek:

Biasa menginfeksi dan berkembang dalam orofaring dan nasofaring

Flu:

Atau disebut juga influenza, menginfeksi beberapa bagian anatomis, termasuk rongga hidung, pangkal tenggorokan, tenggorokan, bronkus dan paru-paru.

Sekalipun pilek tampak menimbulkan komplikasi yang serius, namun pilek tidak sebahaya influenza. Kelihatannya flu menunjukkan gejala yang sama seperti pilek, namun kondisi pasien yang menderita flu bisa jauh lebih parah. Gejala awal flu adalah ketika pasien yang menunjukkan kondisi pilek kemudian demam dan batuk. Gejala ini kemudian dilanjutkan dengan beberapa gejala lain, seperti:

Berkeringat
Demam tinggi
Nyeri seluruh tubuh
Tubuh letih
Malgia atau nyeri otot
Hilang nafsu makan

Mirip seperti pilek, flu yang ditularkan melalui virus biasanya menyerang sekitar 10% orang selama musim hujan. Virus influenza juga cukup agresif dan merusak tubuh, sehingga membutuhkan reaksi sistem kekebalan tubuh yang aktif.

Jenis virus flu

Ada beberapa jenis virus flu dilihat dari seberapa besar kemampuan bermutasi.

Virus A, adalah virus flu paling berbahaya karena mampu bermutasi dengan cepat, sehingga kekebalan tubuh bahkan tidak dapat mengenali sel penyakit.

Dua jenis virus lain, B dan C cenderung lebih lemah dan mudah ditaklukkan dengan vaksin flu.

Ketika Anda mengetahui bahwa tubuh tengah terserang flu, sebaiknya Anda tidak membiarkannya berlarut-larut. Bila obat pasaran saja tak cukup menyembuhkan Anda, maka segera hubungi dokter agar tubuh Anda tidak semakin lemah dan digerogoti virus influenza.

 (vem/bee)
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Gejala Tak Terduga Saat Tubuh Akan Sakit
Artikel Selanjutnya
Kumis Sebagai Simbol Kanker Prostat