Sukses

Beauty

Cara Alami Mengatasi Perut Kembung

Saat udara dingin seperti ini, hujan turun tidak menentu, perut sering kembung dan tidak nyaman. Sebenarnya, masalah perut kembung bisa diobati dengan cara alami dan aman.

Obat herbal alami untuk mengatasi kembung mudah Anda dapatkan dari dapur sendiri. Ada juga beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi atau mencegah kembung. Silakan coba tips-tips ini jika Anda mulai merasa kembung.

Gunakan Minyak Gosok Hangat

Salah satu cara mengatasi kembung adalah mengompres perut dengan air hangat. Namun ada banyak kondisi di mana Anda tidak bisa membawa alat kompres setiap saat. Maka bawalah minyak gosok hangat. Anda bisa menggunakan minyak kayu putih agar daerah perut terasa lebih hangat.

Minum Jahe Hangat

Jahe adalah tanaman yang dapat memberi efek hangat tanpa rasa perih di lambung. Anda bisa mengonsumsi jahe hangat di saat perut kembung. Jahe juga memberi efek anti inflamasi, sehingga dapat memberi daya tahan tubuh saat hujan. Cara membuat jahe hangat sangat mudah. Ambil sedikit jahe, cuci, kupas, keprek, campur dengan air panas dan beri sedikit madu atau gula.

Hindari Dulu Susu dan Kafein

Untuk sementara waktu, hindari dulu mengonsumsi susu atau kafein di saat perut kembung. Susu adalah makanan yang sulit dicerna sebagian orang, sehingga dapat membuat perut makin kembung. Kafein juga dapat memicu perut semakin kembung. Kafein tidak hanya ada pada kopi, teh dan cokelat juga mengandung kafein.

Kurangi Makanan Manis

Makanan manis juga bisa menimbulkan rasa kembung. Untuk sementara, kurangi asupan rasa manis, terutama gula. Jika lidah Anda ingin menikmati makanan manis, pilihlah buah-buahan segar yang tidak terlalu asam.

Semoga tips-tips ini bisa membuat Anda lebih sehat dan dapat mengatasi kembung.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading