Sukses

Beauty

Tips Agar Tidak Mengantuk Saat Kuliah

Dunia perkuliahan tentu jauh berbeda dengan bangku sekolah. Berbagai jenis tanggung jawab mulai dibebankan di masa-masa ini, salah satunya adalah menjadi mandiri dengan aktif di organisasi atau mencari biaya sendiri. Segala kesibukan tersebut terkadang membuat mereka mengantuk di kelas karena sering begadang.

Seperti dilansir dari Hercampus.com, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda coba dalam menanggulangi rasa kantuk saat sedang di dalam kelas atau perkuliahan.

Harus niat kuliah

Sebelum berangkat ke kampus, coba pikirkan kembali tujuan Anda kuliah. Tentunya ingin sukses dan tidak ingin biaya yang telah dikeluarkan sia-sia. Hal ini akan membantu dalam membuat niatan tau tekad yang kuat dalam hati Anda. Dengan begitu, Anda tidak akan rela jika penjelasan dosen terlewat dan tentu saja tidak akan mengantuk.

Makan secukupnya

Sebelum kuliah, usahakan untuk makan tidak berlebihan karena seperti yang diketahui, hal tersebut akan membuat kita mengantuk karena energi terpusat untuk mengolah makanan, bukan untuk membantu proses berpikir saat kuliah. Selain itu, minum banyak air putih juga disarankan di sini.

Mencuci muka

Saat mata mulai sayu-sayu dan terasa ingin menempel, mintalah ijin untuk pergi ke toilet. Cucilah muka Anda hingga terasa kembali segar. Saat perjalanan kembali ke kelas, Anda bisa sesekali melakukan gerakan kecil.

Menyiapkan permen

Tahukah Anda, Ladies, bahwa permen dapat mengurangi rasa kantuk? Selain itu, rasa manisnya dapat memberi Anda tambahan energi untuk beberapa waktu. Eits, tapi harus tetap berhati-hati jika dosen Anda melarang untuk makan di kelas ya.

Mengatur posisi duduk

Saat Anda merasa ngantuk saat mendengarkan penjelasan dari dosen, upayakan tidak duduk dengan posisi yang semakin menambah rasa kantuk tersebut ya seperti bersandar di bahu teman, menundukkan kepala di meja atau menopangnya dengan tangan.

Mengubah mindset

Salah satu hal yang menyebabkan kantuk adalah pikiran kita di alam bawah sadar. Coba Anda lawan pikiran tersebut dan beri sugesti pada diri Anda agar tidak mengantuk.

Anda mungkin juga bisa mengatur ulang jadwal kegiatan Anda agar lebih rapi sehingga Anda tidak harus begadang sampai larut malam. Semoga tips-tips di atas bisa membantu.

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading