Sukses

Beauty

Wow, Ini 7 Fakta Mengejutkan Dan Unik Mengenai Kentut

Ladies semua orang yang dilahirkan ke bumi pasti pernah mengalami kentut. Tak hanya manusia, hewan pun juga pernah mengalami hal ini loh. Namun beberapa orang tentu tak paham benar fakta-fakta yang ada seputar kentut.

Yah seperti yang dilansir dari oddee.com, beberapa fakta ini tentu akan mengejutkan siapapun yang mendengarnya. Dikupas tuntas dan jelas, yuk kita intip info penting dan mendidik di bawah ini.

(vem/oem)

Jadi, Apa sih Kentut Itu?

Kentut disebabkan oleh udara yang terjebak yang bisa berasal dari berbagai  sumber. Udara-udara ini merupakan udara yang tak sengaja masuk ke dalam mulut saat kita makan dan minum. Beberapa udara tersebut masuk dan merembes ke usus dan darah kita dalam bentuk gas.

Dan beberapa gas dihasilkan oleh reaksi kimia dalam usus atau bakteri yang hidup dalam tubuh kita. Dan hal inilah yang lantas membuat kentut pun keluar dan juga bersuara. Suara kentut sendiri keluar karena adanya getaran rektum yang terjadi di dalam tubuh.

Lantas, Mengapa Kentut Berbau?

Bau kentut sejatinya membuat banyak orang bertanya-tanya. Mengapa kentut dapat berbau tak sedap dan pastinya mengganggu pernafasan bukan?

Asal tahu saja, bau kentut itu ternyata dipengaruhi oleh makanan yang kita konsumsi loh. Semakin banyak kandungan asam semakin bau pula kentut yang dihasilkan. Sehingga jika tak ingin kentut bau, cobalah hindari makanan seperti kubis, keju, kacang-kacangan, dan juga telur.

Kapan Orang Akan Kentut?

Rata-rata orang akan memproduksi gas kentut setengah litar setiap harinya. Dan fakta membuktikan, bahwa sekalipun banyak wanita yang tak mengakui, terbukti bahwa wanita lebih sering kentut dibandingkan pria.

Sebuah penelitian bahkan membuktikan bahwa wanita dan pria yang porsi dan  makannya sama akan menunjukkan hasil yang berbeda. Yah wanita lebih sering mengeluarkan kentut dibanding dengan pria. Dan jika seseorang terus menghasilkan kentut selama 6 tahun lebih 9 bulan, hal ini sama dengan menghasilkan gas energi yang setara dengan bom atom loh!

Kentut Sangat Berbahaya Jika Ditahan

Kita semua tentu tahu bahwa menahan kentut adalah hal berbahaya. Beberapa ahli berpikir bahwa kentut adalah bagian alami dari sistem pencernaan Anda. Namun ada kalanya dari kita memilih untuk menahan kentut karena sebuah alasan.

Ladies, perlu Anda ketahui dan perhatikan baik-baik bahaya menahan kentut yang akan keluar. Hal ini sangat memungkinkan Anda untuk terjangkit wasir dan bahkan usus buntu!

Di Beberapa Budaya, Kentut Hal Yang Sangat Wajar

Membaca judul di atas tentu kita paham dan sudah mengerti kan? Pasalnya di beberapa negara, terutama Indonesia, kentut masih menjadi hal memalukan dan tabu dilakukan di depan umum. Namun karena sifatnya yang alamiah, beberapa budaya justru merasa santai dan biasa saja loh dengan hal ini.

Sebuah suku Indian di Amerika Selatan dan di beberapa daerah lainnya justru akan sangat mengejutkan Anda. Pasalnya kentut dilakukan oleh semua orang di hadapan umum. Bahkan siapapun diperbolehkan untuk membuang angin saat mereka sedang dalam perjamuan penting sekalipun.

Kentut Dapat Terbakar

Mungkin beberapa dari Anda agak terkejut dengan pernyataan di atas. Atau malah justru kerap menjadikan hal ini sebagai permainan? Yah beberapa anak muda kerap memanfaatkan zat yang ada pada gas angin untuk membuat ledakan kecil.

Kentut terdiri dari zat metana, hidrogen yang membuat ia mudah terbakar. Dan tentu saja, jangan sekali-kali menyalakan api saat seseorang telah buang angin.

Orang Meninggal Masih Mengalami Kentut

Hal ini sempat menjadi fakta yang sangat mencengangkan dan tak dipercaya. Namun benar adanya jika seseorang yang sudah meninggal masih bisa mengeluarkan gas angin.

Yah peneliti mengatakan bawah saat seseorang meninggal, tiga jam setelah itu ia akan mengeluarkan angin berupa kentut. Dan hal ini sendiri disebabkan oleh otot-otot yang berkontraksi dan sisa gas angin yang masih ada di dalam tubuh seseorang.
 

Loading
Artikel Selanjutnya
Agar Manfaatnya Maksimal, Cuci Tangan Tidak Boleh Asal-Asalan
Artikel Selanjutnya
Penting, 6 Hal Ini 'Terlarang' Dilakukan Setelah Makan