Sukses

Beauty

Menghindari Bau Ketiak Dengan Cara Alami

Bau dari ketiak muncul karena bakteri mendapat makanan dari keringat yang dikeluarkan. Bau ketiak merupakan masalah serius bagi kepercayaan diri seseorang. Namun, perubahan bau badan secara tiba-tiba bisa jadi adalah gejala penyakit serius seperti diabetes, penyakit hati, atau ginjal.

Cara menghindarinya adalah membuat ketiak tetap kering dan mengontrol pertumbuhan bakteri. Berikut ini cara-cara alami yang bisa Anda lakukan di rumah, seperti dilansir livestrong.com:

Menjaga kebersihan diri

Mandi setiap hari akan mengurangi jumlah bakteri di ketiak. Jika cuaca sedang panas atau aktifitas Anda membuat Anda berkeringat, mandi dua kali sehari sangat dianjurkan. Pakai pakaian dan pakaian dalam yang bersih, bila perlu cuci pakaian Anda dengan air panas. Pilih bahan yang menyerap keringat dan membuat kulit dapat bernafas.

Pembatasan diet

Stimulan seperti kafein dapat menyebabkan peningkatan produksi keringat. Begitu juga makanan pedas dan alkohol. Beberapa makanan lain juga berpotensi menimbulkan bau badan jika dikonsumsi, seperti ikan, hati, kacang-kacangan, dan makanan yang digoreng. Jika Anda bermasalah dengan bau badan, sebaiknya kurangi makanan yang dapat memicu kemunculannya.

Cuka apel dan minyak kayu putih

Cuka apel dapat menurunkan Ph kulit sehingga dapat mencegah timbulnya bakteri. Usapkan cuka apel sebelum menggunakan deodoran untuk mencegah bau. Minyak kayu putih juga dapat bermanfaat untuk mengurangi tumbuhnya bakteri.

Baking soda dan tepung kanji

Baking soda dapat menyerap keringat berlebih dan membunuh bakteri jika digunakan pada ketiak. Jika Anda mengalami masalah keringat berlebih tepung kanji dapat membantu mengatasinya. Tepung kanji bersifat menyerap keringat, dan pemakaiannya dapat dikombinasikan dengan baking soda.

Mengurangi stres

Stres, kecemasan, dan emosi dapat meningkatkan produksi keringat. Mempelajari cara mengontrol emosi dapat mengurangi keringat dan bau badan.

Cara lain yang dapat dilakukan di rumah

Beberapa suplemen dapat mengurangi bau ketiak seperti klorofil dan daun gandum. Selain itu magnesium, zinc dan vitamin B kompleks juga dapat mengurangi bau badan alami.

 

(vem/cha)
Loading
Artikel Selanjutnya
7 Lokasi di Jakarta akan Padamkan Lampu di Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2021