Sukses

Beauty

Beberapa Hal Yang Malah Memperparah Kondisi Jerawat

Jerawat menjadi musuh wanita yang paling konsisten mengganggu penampilan. Walaupun sudah menahan tangan untuk tidak mengopek dan memegangnya, ternyata jerawat juga tetap bisa semakin parah serta meninggalkan bekas jerawat.

Tidak selalu mudah memang mengatasi problem jerawat ini. Bahkan ketika sudah pergi ke klinik kecantikan mahal, belum tentu jerawat bisa diatasi 100%. Apalagi, butuh budget yang cukup besar dan waktu yang panjang untuk bisa mengatasi jerawat dengan maksimal.

Cara yang setidaknya bisa membantu memperingan masalah Anda adalah dengan mencegah kondisi jerawat lebih parah. Saat ini mungkin Anda hanya tahu bahwa hak yang bisa memperparah kondisi jerawat hanyalah ketika Anda mengopek atau memegangnya dengan jemari, tetapi sebenarnya ada beberapa hal lain yang tak terduga,yang bisa memperparah kondisi jerawat. Seperti dilansir WebMD.com inilah hal-hal yang perlu diwaspadai tersebut:

Sinar matahari

Membiarkan kulit terpapar sinar matahari terus menerus akan membuat kulit Anda mengalami penyembuhan jerawat yang lambat. Sinar UV menstimulasi melanosis yang akhirnya membuat kulit mengalami perubahan warna. Inilah mengapa Anda disarankan memakai tabir surya untuk melindungi kulit Anda.

Selain mencegah perubahan warna kulit, tabir surya juga melindungi dari ancaman radiasi sinar UV serta membantu mempercepat proses penyembuhan jerawat di kulit.

Mengopek

Ketika Anda mengopek jerawat, ada luka yang ditinggalkan terbuka. Luka tersebut bisa memberikan kesempatan bagi bakteri untuk masuk dan mengacau kondisi kulit. Alhasil, terbentuklah peradangan di sana.

Ketika ada peradangan kemudian kulit akan berusaha menyembuhkan diri, dan hasil peradangan akan menyisakan warna gelap pada kulit.

Vitamin E

Yang Anda ketahui, vitamin E akan membantu melembabkan kulit dan mempercepat proses penyembuhan jerawat. Tetapi, ternyata menurut studi yang dilakukan para peneliti di Universitas Miami, mengaplikasikan vitamin E pada luka justru memperparah kondisi luka tersebut.

Krim pemutih kulit

Saat Anda ingin menyembuhkan jerawat, maka fokuskan pada pemakaian krim penyembuh jerawat untuk mempercepat proses penyembuhannya. Lebih baik hindari terlebih dahulu penggunaan krim pemutih. Krim pemutih umumnya dapat menyebabkan iritasi ketika dipakai saat jerawat masih meradang.

Selain menghindari beberapa hal di atas sambil menyembuhkan jerawat, perbanyak konsumsi air putih bersihkan wajah dengan telaten. Tidak harus menggunakan sabun terlalu sering, tetapi cukup dengan menyeka menggunakan air biasa dan mengeringkannya.

(vem/bee)
Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Menggunakan Minyak Jarak untuk Hilangkan Jerawat
Artikel Selanjutnya
Cegah Timbulnya Jerawat, Perlukah Serum untuk Perawatan Kulit Berminyak?