Sukses

Beauty

Bahaya Merokok Bagi Wanita, Bisa Cepat Tua dan Menopause Lebih Awal

Merokok adalah kebiasaan tidak sehat. Khususnya pada para wanita, sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa wanita yang merokok menunjukkan tanda menopause lebih awal.

Penelitian ini dilakukan di Perelman School of Medicine, University of Pennsylvania, dilansir oleh Newsmaxhealth.com. Hasil penelitian pada wanita yang merupakan perokok menunjukkan bahwa mereka mengalami gejala menopause lebih cepat 1 hingga 2 tahun dibanding wanita yang tidak merokok.

"Penelitian ini memberi kejelasan baru bahwa merokok bisa memberi risiko pada sistem reproduksi wanita. Kita tahu bahwa merokok dapat menyebabkan menopause pada wanita dari berbagai ras," ujar Samantha F. Butts , MD , MSCE, yang merupakan kepala penelitian.

Gejala menopause awal yang sering muncul adalah jantung berdebar lebih cepat, tubuh sering terasa panas, gelisah dan sulit tidur. Selain itu, gejala menopause awal juga ditandai dengan rasa tidak percaya diri, mudah marah dan peningkatan risiko pada penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah dan jantung.

Semoga hasil penelitian ini bisa memberi gambaran bahwa merokok dapat merusak kesehatan Anda.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading