Sukses

Beauty

Ubanan Di Usia Muda Itu Kenapa Sih?

Adakah teman atau saudara Anda yang masih muda, tapi rambutnya sudah banyak yang putih? Kira-kira apa ya penyebabnya, apakah dia mengalami penuaan dini? Pertanyaan-pertanyaan ini terkadang menghampiri dan membuat penasaran.

Menurut MeetDoctor.com, uban atau rambut yang tadinya hitam dan berubah putih dengan sendirinya, disebabkan oleh perubahan warna pigmen rambut yang disebut melanin. Salah satu penyebab dari hal ini adalah kurangnya asupan oksigen yang diterima batang rambut.

Batang rambut biasanya menerima sari makanan dari ujung rambut, namun sari makanan tersebut tidak mengandung cukup oksigen. Hal inilah yang kemudian mempengaruhi susunan rambut serta melanin sehingga terjadilah uban.

Kekurangan melanin bisa disebabkan oleh kerusakan DNA atau penumpukan zat tertentu. Jika rambut tanpa melanin, maka rambut baru yang tumbuh tidak memiliki pigmen dan akan membuat rambut menjadi abu-abu, putih atau perak.

Selain itu, ternyata faktor keturunan juga bisa menjadi penyebabnya. Tidak hanya itu, beberapa faktor juga bisa mempengaruhi rambut beruban di antaranya, pengaruh iklim, stres, serta obat-obatan dalam maupun luar tubuh juga berpengaruh.

Hingga saat ini belum ditemukan cara menghilangkan uban secara permanen. Menggunakan pewarna rambut masih satu-satunya alternatif dalam menyamarkan keberadaan rambut putih ini. Tapi hati-hati ya, karena beberapa pewarna rambut justru bisa merangsang pertumbuhan uban, lebih baik konsultasikan pada ahlinya.

Sumber: MeetDoctor.com

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading