Sukses

Beauty

Bangun Pagi Masih Terasa Capek? Mungkin Ini Sebabnya!

Aktivitas tidur bisa disebut pula sebagai "aktivitas penyembuh". Saat tidur, tubuh mulai memperbaiki sel-sel yang rusak dan mengisi ulang energi dalam tubuh. Sayangnya, beberapa orang masih merasa lelah di pagi hari meskipun sudah tidur dalam waktu yang cukup. Apa sebabnya? Informasi dari Huffingtonpost.com ini akan menjawab pertanyaan Anda.

Kebiasaan Buruk
Ada sejumlah kebiasaan buruk yang bisa merusak kualitas tidur di malam hari. Beberapa di antaranya adalah menonton televisi sampai ketiduran, terlalu banyak minum air, makan makanan terlalu manis dan berlemak sebelum tidur, dan tidur bersama hewan peliharaan. Ketika menonton televisi dan tubuh terkena paparan sinar dari layar televisi, produksi melatonin akan terhambat. Melatonin adalah hormon yang merangsang untuk tidur. Makan makanan yang berlemak atau terlalu manis akan menyebabkan rasa tidak nyaman di perut ketika dibuat berbaring.

Berolahraga Berat Sebelum Tidur
Berolahraga di waktu yang terlalu dekat dengan waktu tidur juga akan mengganggu kualitas tidur. Olahraga akan membuat temperatur tubuh naik. Tubuh dengan temperatur tubuh yang naik bisa membuat gangguan pada tidur. Sangat disarankan untuk tidak melakukan olahraga berat dalam kurun waktu tiga jam sebelum tidur. Selain itu, jaga suhu kamar tidur tidak terlalu dingin atau panas.Badan yang terlalu lelah biasanya akan semakin sulit untuk bisa tidur.

Salah Posisi Tidur
Posisi tidur yang salah akan membuat tubuh Anda tidak bisa berelaksasi dengan baik. Usahakan untuk tidur dengan posisi miring dengan bantal yang tidak terlalu tinggi atau rendah.

Untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik dan tidak merasa lelah ketika bangun, ada sejumlah tips yang bisa Anda ikuti. Pertama, olahraga setiap harinya selama kurang lebih 30 menit (bisa dilakukan di pagi atau siang hari). Kedua, atur suhu ruangan tidur Anda. Ketiga, atur pencahayaan kamar tidur Anda. Sebisa mungkin Anda tidur dalam keadaan lampu dimatikan. Keempat, jangan letakkan televisi di kamar tidur. Kelima, kenakan pakaian yang hangat. Jika perlu gunakan kaos kaki agar suhu tubuh Anda tetap terjaga dan bisa tidur dengan nyaman.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading