Sukses

Beauty

Bagaimana Cara Mengatur Tekanan Darah Tinggi Tanpa Obat?

Penyakit darah tinggi tidak hanya menyerang orang dewasa saja. Penyakit yang merusak pembuluh arteri ini juga berisiko menyerang anak kecil. Salah satu cara mencegah ataupun mengatasi penyakit darah tinggi adalah dengan mengatur tekanan darah Anda. Bagaimana caranya ya?

Untuk menjaga tekanan darah banyak sekali caranya. Namun yang aman tentu yang alami tanpa menggunakan obat. Berikut ini merupakan sederetan cara mengatur tekanan darah tanpa memerlukan obat-obatan seperti yang dijelaskan oleh dr. Adhiatma Gunawan dari MeetDoctor.com:

Menurunkan berat badan serta memperhatikan ukuran pinggang

Penyakit darah tinggi lebih mudah menyerang mereka dengan berat badan lebih. Sehingga penting sekali bagi Anda untuk mengontrol berat badan. Dengan menurunkan berat badan, akan membantu menurunkan tekanan darah dan menjadikan pengobatan lebih efektif. Di samping itu, Anda juga perlu memperhatikan ukuran pinggang. Penumpukan lemak sekitar pinggang dapat memicu naiknya tekanan darah.

Olahraga teratur

Olahraga tidak perlu yang berat. Olahraga ringan seperti lari di pagi hari dapat melancarkan peredaran darah Anda dan tentunya mencegah darah tinggi. Namun Anda harus rajin dan teratur melakukannya. Olahraga di sini untuk menyeimbangkan antara makanan yang masuk dalam tubuh dengan aktivitas yang Anda lakukan. Manfaat lain yaitu untuk mengurangi stress yang juga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

Diet sehat dan tepat

Melakukan diet diawali dengan mengenali makanan apa saja yang memicu naiknya tekanan darah. Setelah itu, sebisa mungkin Anda mengurangi atau jika bisa menghindari makanan tersebut. Misalnya saja mengurangi penggunaan garam, kurangi mengkonsumsi camilan seperti keripik, makanan beku dan daging yang sudah diproses.

Hindari alkohol dan kafein

Gaya hidup sehat sangat berpengaruh terhadap kesehatan Anda. Minuman yang mengandung alkohol, kafein, dan rokok sering membawa dampak buruk. Salah satunya dapat menyebabkan penyakit darah tinggi.

Rajin mengontrol tekanan darah

Meluangkan waktu untuk cek tekanan darah merupakan upaya untuk mengontrol kesehatan Anda. Jadi, sesibuk apapun Anda, paling tidak sempatkan sekali dalam sebulan untuk melakukannya.

Bagaimana Ladies, tidak terlalu memberatkan bukan? Jadi sebelum darah tinggi membuat Anda bergantung pada obat-obatan, lebih baik melakukan upaya untuk mencegahnya.

 

Sumber: MeetDoctor.com

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading