Sukses

Beauty

Berencana Makan Sushi? Baca Ini Dulu Agar Diet Tetap Terjaga

Banyak orang memandang sushi sebagai makanan yang cukup ringan dimakan untuk makan siang atau makan malam. Dengan ukurannya yang tak terlalu mengenyangkan, makanan khas Jepang ini sering bikin kalap. Menurut Allison Tanenbaum, seorang pakar diet asal New York, "Sushi secara umum merupakan makanan yang menyehatkan, tetapi dapat menjadi 'musuh' bagi kesehatan."

Lalu, bagaimana ya tips sehat mengkonsumsi sushi? Dilansir oleh huffingtonpost.com, berikut tips sehat mengkonsumsi sushi yang dapat Anda terapkan.

(vem/wnd)

Mulailah Dengan Edamame

Berdasarkan pendapat para ahli, edamame merupakan sumber makanan yang rendah kalori, tinggi protein, dan asupan gizi yang baik. Jika Anda ingin memesan edamame, pastikan Anda menghindari menambahkan garam ke dalamnya. Sushi merupakan makanan yang tinggi sodium, jadi akan lebih menyehatkan jika Anda memotong jumlah sodium dari edamame ini.

Pilih Sup Dan Salad

Akan lebih menyehatkan jika Anda memulai acara makan dengan makanan kaya serat dari sayuran hijau. Anda dapat memilih sup rumput laut atau sup miso dengan kaldu, tahu dan sayuran. Meskipun terkadang sup miso dan sup rumput laut mengandung banyak sodium, paling tidak Anda dapat mengontrol nafsu makan Anda karena perut telah terisi dengan makanan yang lebih sehat ini.

Minum Teh Hijau

Berbicara mengenai minuman, teh hijau dipercaya merupakan minuman yang paling baik yang ada di restoran sushi. Pasalnya, teh hijau mengandung banyak antioksidan yang baik untuk tubuh. Walaupun meminum sake lebih nikmat, percayalah sesendok teh hijau dapat mengurangi hingga 400 kalori dalam tubuh, lho.

Hati-hati Dengan Nasi Putih

Nasi putih merupakan menu yang 'wajib' ada dalam pembuatan sushi. Untungnya, kini restoran sushi lebih peduli terhadap mereka yang menjalankan program diet dengan menawarkan menu nasi merah atau pilihan lain yang lebih menyehatkan. Berhati-hatilah dengan nasi yang ada dalam sushi Anda, terkadang meskipun porsinya kecil, tanpa sadar Anda melahapnya dalam jumlah besar. 

Hindari Mayonaise

Mayonaise yang disediakan dalam menu sushi memang membangkitkan selera makan. Jika Anda sedang dalam program diet, sebaiknya Anda menghindari menu mayonaise ini. Mayonaise yang biasanya digunakan adalah spicy mayo. Gunakan wasabi yang biasanya disediakan untuk citarasa pedas yang Anda inginkan.

Gorengan? Boleh, Tapi ...

Gorengan, siapa yang tak menyukainya? Sayangnya, jika Anda sedang berdiet menu seperti tempura rolls harus Anda hindari. Gorengan sushi selain mengandung karbohidrat yang tinggi karena menggunakan tepung, minyak yang dipakai untuk menggoreng juga tidak disarankan untuk diet Anda. Jika Anda ingin menyantap gorengan dalam menu sushi sesekali, jangan lupa perbanyak jumlah sayur dan teh hijau sebagai pendampingnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading