Sukses

Beauty

Cara Ampuh Mencegah Sakit Kepala

Sakit kepala mungkin memang jenis masalah kesehatan sepele, namun penyakit satu ini sangat sering dialami dalam kehidupan sehari-hari. Dari sakit kepala sederhana hingga migrain, bagaimanapun tetap mengganggu. Tak jarang penyakit sepele ini membuat Anda harus menghentikan aktivitas dan akhirnya memilih beristirahat.

Sebenarnya, Anda tak harus menghadapi problem sakit kepala ini setiap hari. Ada banyak hal yang dapat membantu Anda mencegah sakit kepala muncul.

Seperti dilansir Boldsky.com, sakit kepala sebenarnya bisa dideteksi. Penyebab sakit kepala yang seringkali muncul seperti:

Pergantian suhu yang signifikan
Terlambat makan
Kurangnya cairan di dalam tubuh,
Stres
Kurang tidur, dan lain sebagainya

Jika penyebabnya sudah diketahui, kini Anda lebih mudah untuk mencegah dan menghindarinya. Ikuti cara berikut agar sakit kepala tidak mengganggu aktivitas Anda:

Menghindari stres

Menghindari stres adalah cara yang paling ampuh untuk mencegah sakit kepala. Anda bisa mencoba meditasi, yoga ataupun olahraga yang mengatur pernapasan.

Menghindari rokok

Penelitian membuktikan bahwa sakit kepala juga disebabkan oleh merokok. Zat kimia di dalamnya memicu sakit kepala dan juga penyakit lainnya.

Mencukupi kebutuhan air minum

Anda mungkin tak sadar bahwa ketika tubuh kurang cairan, tubuh tak hanya terasa lemas saja, namun juga sakit kepala. Untuk itu sangat disarankan mencukupi 1-2 liter kebutuhan air minum setiap hari.

Tidak sarapan

Tidak menyempatkan diri sarapan dan membiarkan perut lapar hingga siang ataupun sore hari juga menyebabkan sakit kepala. Makan cukup tidak akan membuat Anda gemuk kok kalau Anda bisa memilih asupan yang sehat dan menjaga porsinya tidak berlebihan.

Tidur cukup

Matikan lampu dan singkirkan semua gadget di jam tidur. Pastikan tubuh mendapatkan tidur cukup setidaknya 7-8 jam sehingga energi kembali penuh.

Memilih aroma parfum

Ada sebagian orang yang tidak tahan mencium aroma yang terlalu kuat, misalnya seperti parfum. Pilihlah aroma parfum yang lembut dan semprotkan di beberapa bagian saja agar wanginya tahan lama namun tidak berlebihan.

Cahaya terlalu terang

Cahaya yang terlalu terang dapat memicu sakit kepala, itulah sebabnya Anda bisa mengatur setting monitor, atau juga layar HP sehingga nyaman di mata.

Anda tak harus selalu mengatasi sakit kepala dengan minum obat pereda nyeri. Setidaknya Anda bisa mencegah sakit kepala datang. Atau apabila ia sudah datang, minumlah minuman hangat dan berbaring sejenak di ruangan yang redup agar rileks.

 

 

 

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading