Sukses

Beauty

Gara-Gara Krim Pemutih, Wanita Kulit Hitam Ini Dikritik Dunia

Selebritis kulit hitam seringkali terkenal karena mereka memiliki kulit legam yang eksotis dan seksi. Lupita Nyong'O misalnya. Selebritis peraih Oscar ini punya kulit hitam yang unik namun selalu kelihatan fashionable.

Namun di sisi lain, selebritis kulit hitam Dencia, malah dikritik belakangan ini. Ia mengeluarkan produk kecantikan pemutih kulit bernama Whitenicious. Krim ini kabarnya bisa mengurangi bintik hitam dan dalam 7 hari bisa membuat kulit jadi lebih putih dan cerah.

Agar lebih meyakinkan, bintang pop ini juga tampil dengan produknya. Namun Dencia tak lagi berkulit hitam. ia justru kelihatan berkulit putih. Sangat berbeda dengan penampilan Dencia sebelumnya. Hal ini pun mengundang komentar, terutama dari mereka yang berkulit hitam.

Mereka mengkritik produk kecantikan ini karena seolah orang kulit hitam tak bangga dengan kulit asli mereka. Mendengar komentar ini, Dencia melakukan pembelaan pada produknya. "Para gadis yang membeli produk ini bukan bermaksud memutihkan kulit mereka, hanya ingin menyingkirkan hal yang membuat mereka tidak nyaman (bintik hitam)," kata Dencia.

Iklan krim pemutih Dencia yang memicu kontroversi | Photo copyright Dailymail.co.uk

Ia juga mengatakan bahwa kebanyakan pelanggannya adalah percampuran darah Amerika-Afrika, sehingga kulitnya tidak benar-benar gelap. Selain itu, Dencia juga tak bisa mengontrol konsumen produk kosmetiknya kalau memang mereka terobsesi untuk memiliki kulit putih. "Itu uang mereka. Terserah bagaimana mereka menghabiskan uangnya," kata Dencia.

Perubahan kulit Dencia sendiri yang membuatnya juga dikritik banyak orang| Photo copyright Dailymail.co.uk

Banyak yang mengkritik produk pemutih kulitnya karena dikhawatirkan membuat wanita krisis percaya diri kalau tak memiliki kulit putih. Menanggapi hal ini, Dencia mengatakan bahwa dirinya tak bermaksud demikian. "Aku tak mengatakan 'katakan selamat tinggal pada kulit hitam' namun aku bilang, 'katakan selamat tinggal pada bintik hitam dan hyperpigmentation'."

Dencia membela produknya karena menghabiskan uang untuk kecantikan adalah hak pribadi | Photo copyright Whitenicious

Ada juga yang bertanya, apakah Dencia tak khawatir produk pemutihnya ini bisa menyebabkan kanker? Pasalnya krim ini mampu memutihkan dengan sangat cepat dan hasilnya sedikit bikin 'merinding' bila dilihat dari sudut pandang kesehatan. Dencia hanya menjawab, "Udara di luar juga bisa membuat kita kanker. Banyak hal di luaran yang bisa membuat kita terkena kanker," jawabnya santai.

Wah, bagaimana menurut tanggapan Anda, Ladies? Sebagai konsumen produk kecantikan, apakah produk seperti ini memang bisa menyebabkan krisis kepercayaan diri atau sah-sah saja dijual di pasaran? Apakah cantik itu artinya kulit yang putih? Yuk berbagi opini dengan smart di sini.

(vem/gil)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading