Sukses

Beauty

Cara Alami Mengatasi Kutu Rambut

Hingga kini, masalah kutu rambut masih menjadi salah satu masalah yang mengganggu baik anak-anak maupun orang dewasa. Hewan jenis serangga berbentuk kecil dan berwarna abu-abu atau kecoklatan ini tinggal di kulit kepala dengan menghisap darah di kulit kepala. Menyebabkan rasa gatal dan apabila dibiarkan mereka akan bertelur dan berkembang biak.

Serangga nakal ini mudah sekali penyebaran dan perkembangbiakannya, sehingga Anda wajib buru-buru mengatasi sebelum kondisinya menjadi semakin parah.

Dilansir Merdeka.com, inilah beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengusir dan mengatasi masalah kutu rambut.

Minyak kelapa

Massage minyak kelapa pada rambut Anda kemudian diamkan selama 5-10 menit. Setelah itu, tundukkan kepala dan sisir rambut Anda dengan sisir rapat sehingga kutu-kutu yang ada di rambut berjatuhan. Minyak kelapa ini akan membuat si kutu pingsan, sehingga dengan mudah Anda bisa menangkap mereka.

Minyak atsiri

Jenis minyak esensial yang satu ini juga ampuh membunuh kutu. Anda bisa menggunakan jenis minyak tea tree, jojoba atau rosemary. Caranya massage minyak ke seluruh kulit kepala dan rambut, tutup kepala Anda dengan shower cap dan biarkan semalaman. Keesokan harinya, sisir rambut Anda untuk menyingkirkan kutu dan keramas seperti biasa.

Cuka apel

Gunakan cuka apel untuk keramas dan massage kulit kepala Anda. Diamkan sejenak dan keramas lagi menggunakan shampo seperti biasa.

Petroleum Jelly

Memiliki karakteristik seperti minyak kelapa, bahan alami yang satu ini juga bermanfaat membunuh kutu di rambut.

Bawang putih

Bila mencari minyak-minyak di atas cukup mempersulit Anda, maka Anda bisa menggunakan bawang putih.

Kupas bawang putih, haluskan sampai seperti pasta, kemudian tambahkan 3 sdm jeruk nipis dan aduk merata. Oleskan menyeluruh pada rambut dan biarkan sejenak. Setelah agak kering, sisir rambut dan kutu akan berjatuhan.

Selamat mencoba cara alami di atas dan katakan selamat tinggal pada kutu nakal di rambut.

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading