Sukses

Beauty

Pantangan Makanan Kalau Anda Menderita Cacar Air

Penyakit yang disebabkan virus Varicella zoster (VSV) bisa menyerang siapapun, mulai anak-anak hingga dewasa. Umumnya memang penyakit ini lebih banyak menyerang anak-anak karena sistem kekebalan tubuh mereka yang rendah. Namun, siapa sangka bahwa orang dewasa juga banyak yang menderita penyakit menular satu ini.

Penyakit cacar menyebabkan ruam melepuh pada kulit, disertai gatal, kelelahan, demam dan tubuh serasa lemas. Ruam tersebut berisi air, dan disarankan tidak digaruk sehingga tidak meninggalkan bekas atau menciptakan infeksi.

Terlihat seperti penyakit yang tidak berbahaya, sebenarnya cara air adalah penyakit yang bisa mematikan. Periode inkubasinya berjalan 10-12 hari, di mana dalam waktu tersebut seseorang sebaiknya dirawat intensif, atau benar-benar diperhatikan juga asupan nutrisinya.

Dilansir BoldSky.com, mereka yang menderita penyakit cacar disarankan menghindari beberapa makanan berikut ini:

Produk susu

Semua produk susu sebaiknya dihindari terlebih dahulu saat sedang terserang penyakit cacar. Produk susu tersebut di antaranya es krim, keju, mentega, yogurt, dan lain sebagainya. Produk susu dapat menyebabkan kondisi kulit berminyak sehingga problem kulit lain bisa muncul atau kondisi kulit jadi semakin parah.

Daging merah

Daging merah adalah menu yang membuat tubuh jadi 'panas'. Ketika demam, sebaiknya menu ini dihindari sehingga tubuh tetap 'dingin' dan terhindar dari infeksi.

Junk food

Junk food tidak akan membuat Anda lekas sembuh saat menderita penyakit cacar. Menu yang satu ini tidak mencukupi kebutuhan nutrisi Anda sehingga lebih baik dihindari daripada membuat perut terasa mual dan tidak nyaman.

Gorengan

Aneka menu gorengan juga mengandung banyak minyak, sehingga bisa memperparah kondisi kulit Anda. Lebih banyak konsumsi menu yang dikukus atau direbus, sayur-sayuran dan buah-buahan.

Buah citrus

Sekalipun disarankan mengonsumsi serat dari buah-buahan, untuk buah aneka jeruk sebaiknya dihindari dulu. Buah yang terlalu kaya akan asam dapat memicu reaksi iritasi dan membuat kulit jadi semakin gatal.

Makanan pedas

Makanan pedas, selain membuat kulit Anda semakin gatal juga membuat peradangan semakin parah. Alhasil, kulit Anda tidak akan lekas kering dan memicu iritasi.

Makanan asin

Salah satu makanan yang harus dihindari ketika menderita cacar air adalah makanan asin. Rasa asin memicu rasa gatal berlebih dan menciptakan bekas luka.

Menu-menu sayuran seperti labu siam, bayam, disarankan dikonsumsi ketika sedang menderita cacar air. Menu tersebut dapat membuat tubuh jadi lebih 'dingin' sehingga infeksi virus cacar dapat ditangani.

 

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading