Sukses

Beauty

Mengenal Endometriosis, Salah Satu Penyebab Nyeri Haid Tak Tertahankan

Ladies, Apakah Anda mengalami kram perut yang sangat menyakitkan saat menstruasi Anda datang? Jika iya, ada kemungkinan Anda termasuk satu di antara ratusan juta wanita lainnya yang mengalami endometriosis. Endometriosis dapat berdampak buruk pada kesuburan Anda, karena itu sebaiknya Anda kenali dulu penyakit ini dengan baik.

Apa itu endometriosis?

Endometriosis adalah penyakit yang dialami 1 dari 10 wanita karena gangguan pada sistem reproduksinya. Pada keadaan normal, rahim akan mengalami penebalan dan rontok pada saat terjadinya menstruasi jika tidak dibuahi. Namun, dalam kasus endometriosis, penebalan yang terjadi tidak tepat pada rahim, melainkan di tempat lain sehingga menimbulkan peradangan yang menyakitkan. Keadaan ini juga dapat memicu terjadinya gumpalan daging pada rahim. Para dokter masih belum mengetahui apa penyebabnya, namun mereka tahu semua ini berkaitan dengan hormon estrogen.

Cara perawatan

Umumnya banyak wanita tidak menyadari dirinya terkena endometriosis. Ini disebabkan sulitnya mendiagnosa penyakit yang masih misterius ini. Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kandungan jika nyeri haid Anda terasa sangat menyakitkan atau anda mengalami flek sebelum masa menstruasi.

Dokter biasanya menyarankan Anda untuk meminum pil kontrasepsi untuk membuat hormon Anda menjadi stabil. Namun, ini juga akan membuat siklus menstruasi Anda tidak berjalan selama beberapa waktu yang dapat menimbulkan efek lainnya. Beberapa dokter juga memberikan terapi injeksi yang dilakukan setiap beberapa bulan. Namun, penyakit ini sampai saat ini masih belum diketahui cara penyembuhannya.

Pengaruhnya terhadap kesuburan

Sangat penting untuk mendiagnosa penyakit ini dari awal. Jika endometriosis bertambah parah, maka keadaan ini akan mempengaruhi kesuburan Anda. Dengan diagnosa secara dini, Anda akan dapat mencegahnya menjadi lebih buruk dan dapat membantu mengatasi gejala-gejalanya.

(vem/cha)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading