Sukses

Beauty

Sedang Sakit Kepala? Sembuhkan Dengan Makanan Ini

Sakit kepala sudah menjadi keluhan yang paling umum dan setiap hari dialami lebih dari jutaan orang di dunia. Ada jenis sakit kepala ringan, ada pula jenis sakit kepala kronis.

Umumnya saat sakit kepala, seseorang menjadi lebih sensitif terhadap suara dan cahaya, dan bahkan ada yang kesulitan makan dan merasa mual serta lemas.

Berbeda sakit kepala, berbeda pula perlakuan dan obatnya. Untuk bisa menyembuhkannya, Anda harus benar-benar tahu jenis sakit kepala apakah yang sedang Anda alami. Dilansir Fitnea.com ada beberapa jenis sakit kepala, dan ada beberapa jenis obat yang berbeda.

Anda tak harus buru-buru mengonsumsi obat-obatan tertentu, karena sebenarnya sakit kepala bisa disembuhkan dengan mengonsumsi makanan berikut ini.

Sakit kepala migrain

Migrain kerap menyakiti dan mengganggu aktivitas. Ketika mengalami migrain, seseorang jadi sensitif terhadap cahaya dan merasa mual. Penelitian membuktikan bahwa vitamin B2 atau riboflavin adalah obat ampuh mengurangi migrain setidaknya hampir 50%. Riboflavin meningkatkan metabolisme energi otak dan sel-sel otot yang akan melindungi dan mempertahankan energi.

Kandungan riboflavin dapat ditemukan pada jamur, asparagus, susu rendah lemak, dan lain sebagainya.

Sakit kepala hormonal

Ada kalanya hormon dapat memicu sakit kepala. Gejala yang dialami seperti migrain karena dirasakan hanya di separuh bagian kepala. Estrogen diduga sebagai alasan utama wanita lebih sering mengalami migrain ketimbang pria, terutama sebelum menstruasi atau saat menstruasi datang.

Magnesium sangat membantu mengatasi dan mencegah sakit kepala hormonal ini. Konsumsi 455 mg magnesium per hari yang bisa diperoleh dari bayam, pisang, ubi jalar, biji bunga matahari, dan lain sebagainya.

Sakit kepala karena stres dan tegang

Sakit kepala yang disebabkan ketegangan dan stres akibat deadline pekerjaan atau masalah sangat menyiksa tubuh. Otot-otot di sekitar leher dan bagian belakang akan tegang dan kaku. CoenzymeQ10 adalah sumber utama dalam tubuh yang bisa membantu mengatasi problem sakit kepala ini.

Anda bisa menemukan CoenzymeQ10 dari telur, tuna, mackarel, kembang kol, brokoli, atau suplemen.

Sakit kepala karena flu atau pilek

Flu atau pilek dapat memicu sakit kepala karena tubuh kehilangan garam dan air dalam jumlah banyak. Dehidrasi adalah sumber utama sakit kepala ini.

Perbanyak konsumsi makanan yang kaya akan air seperti jeruk, semangka, buah pear, nanas, dan lain sebagainya sehingga tubuh tetap terjaga kebutuhan airnya.

Sakit kepala harian

Bila Anda merasa sakit kepala mengganggu sehari-hari, yang perlu Anda lakukan adalah minum secangkir teh herbal. Teh secara alami dapat mencegah dan mengatasi sakit kepala secara efektif.

Kandungan anti-inflamasi di dalamnya telah digunakan selama berabad-abad untuk mengatasi berbagai problem kesehatan. Efek relaksasi di dalamnya juga membantu melepas stres dan ketegangan sehingga baik dikonsumsi setiap hari.

Jadi, jangan menggantungkan diri pada obat-obatan kimia untuk mengatasi sakit kepala Anda. Coba penuhi konsumsi makanan di atas sehingga sakit kepala tak lagi mengganggu kegiatan Anda.

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading