Sukses

Beauty

4 Cara Berdamai dengan Rasa Cemas dan Was-Was

Setiap pasti punya rasa cemas dan was-was. Dan ini sebenarnya adalah sesuatu yang sangat normal dan wajar. Hanya saja akan menjadi tidak wajar jika terlalu lama tenggelam ke dalam rasa cemas itu sendiri. Jadinya bukan diri kita yang mengontrol rasa cemas itu tapi malah rasa cemas itu yang menguasai diri kita.

So, cara terbaik untuk menghadapi rasa cemas dan was-was itu adalah dengan berdamai. Berikut ini ada empat cara berdamai dengan rasa cemas dan was-was yang dilansir dari mindbodygreen.com.

Tarik Napas untuk Menenangkan Syaraf
Napas pendek-pendek adalah salah satu tanda Anda terkena stres. Jadi, cara untuk bisa berdamai dengan rasa cemas dan was-was Anda adalah dengan mengatur napas Anda dan melakukan teknik bernapas dari perut.

Bagaimana Caranya?

  • Duduk dengan nyaman dan lapangkan dada Anda. Letakkan satu tangan di dada dan satu tangan lagi di perut Anda. Perhatikan gerakan dada dan perut Anda saat bernapas.
  • Konsentrasilah pada napas Anda dan cobalah untuk bernapas perlahan melalui hidung. Dada dan perut Anda semestinya tidak bergerak, biarkan diafragma Anda yang bergerak.
  • Setiap kali menghembuskan napas, biarkan tekanan atau stres dari dalam diri Anda keluar perlahan dengan sendirinya.

Bermeditasi dengan Tenang
Orang yang cemas biasanya akan menghabiskan waktunya memikirkan hal yang ada di belakang atau malah yang ada di depannya. Terlalu berlebihan memikirkan apa yang sudah terjadi atau apa yang akan terjadi biasanya akan semakin meningkatkan kecemasan Anda.

Salah satu solusinya adalah dengan bermeditasi sambil berdiri. Caranya pun sangat mudah. Luangkan waktu Anda untuk berdiri tegak, biarkan kedua tangan Anda rileks di kedua sisi badan Anda. Bayangkan bahwa hanya gravitasi yang membuat tubuh Anda tetap tegak. Dan tenangkan pikiran Anda.

Lepaskan Rasa Takut dalam Kekhawatiran Itu
Salah satu penyebab rasa was-was yang berlebihan adalah adanya ketakutan akan mendapatkan serangan kepanikan. Cobalah untuk melepaskan rasa takut itu dengan membayangkan bahwa rasa cemas itu bukan sesuatu yang bisa membunuh Anda dan berkawanlah dengannya.

Terimalah Rasa Cemas dan Was-Was yang Anda Rasakan
"Aku sangat cemas dan was-was, tapi aku akan baik-baik saja," afirmasi ini bisa membuat Anda bisa menerima rasa cemas dan was-was yang berlebihan dengan lebih mudah. Biasanya jika perasaan itu semakin dilawan atau ditolak, maka akan semakin tersiksa diri kita. Jadi daripada semakin menyiksa diri, lebih baik diterima saja dan Anda akan merasa lebih nyaman.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading