Sukses

Beauty

Benarkah Kekuatan Pikiran Mampu Mengendalikan Rasa Sakit?

Jika Anda sering melihat di film-film tentang praktek hipnosis, Anda pasti tak asing dengan kalimat-kalimat misalnya, "Anda akan tertidur, lebih dalam ... lebih dalam lagi ...," dan sebagainya. Namun tahukah Anda, hipnosis ternyata tak sekedar membuat seseorang tertidur karena instruksi terapisnya. Lebih dari itu, hipnosis memiliki serangkaian manfaat yang sangat baik untuk kesehatan.

Hipnosis yang dilakukan secara medis disebut dengan hipnoterapi. Prinsip hipnoterapi adalah membiarkan diri kita mengimajinasikan hal-hal yang menengkan dengan bantuan sugesti verbal untuk meningkatkan fokus. Masih ragu dengan keampuhan hipnoterapi bagi kesehatan? Simak manfaatnya, seperti yang dilansir oleh huffingtonpost.com:

    Hipnoterapi Membantu Tidur Berkualitas

    Sebuah penelitian yang dilakukan di Swiss menemukan, otak orang-orang yang tidur siang setelah melakukan hipnoterapi bekerja dalam gelombang yang rendah. 80 persennya merasa tidur lebih nyenyak dan bangun lebih segar daripada mereka yang tidak melakukan hipnoterapi. Oleh karena itu, para ahli lebih menyarankan mereka yang mengalami masalah tidur untuk melakukan terapi ini daripada minum obat-obatan.

    Hipnoterapi Mengurangi Rasa Sakit

    Dua penelitian di tahun 2000 dan 2009 menemukan hipnoterapi dapat mengurangi rasa sakit yang berhubungan dengan kanker, arthritis dan fibromyalgia. Meski harus melalu standarisasi tertentu, praktek hipnoterapi ini diharapkan dapat mengurangi beban sakit yang diderita pasien.

    Hipnoterapi Dapat Mengatasi 'Hot Flashes' Peri Menopause

    Hot flashes adalah gejala yang umum dirasakan wanita di masa perimenopause. Gejalanya adalah berupa rasa panas di dalam tubuh, keluarnya keringat dan jantung berdebar-debar. Lima sesi hipnoterapi dapat mengurangi hot flashes sekitar 74 persen dalam 12 minggu. Wah, sangat membantu ya.

    Hipnoterapi Meredakan Gejala Sindrom Iritasi Usus Besar

    Dalam sebuah studi, 71 persen dari 2014 pasien iritasi usus besar melaporkan gejala yang membaik setelah 12 sesi mingguan selama 1 jam hipnoterapi. Kabar baiknya, hingga 7 tahun setelah sesi hipnoterapi berakhir, 85 persen pasien melaporkan masih merasa lebih baik dan kesehatannya berangsur-angsur pulih.

    Hipnoterapi Dapat Menenangkan Saraf

    Dengan kemampuannya untuk memanfaatkan kekuatan pikiran, hipnoterapi sering digunakan untuk meringankan kecemasan yang berhubungan dengan prosedur medis, misalnya operasi atau melahirkan. "Hipnosis dapat membantu pasien untuk meminimalkan rasa sakit, takut dan kecacatan," ujar Melinda Beck, salah satu hipnoterapis kepada Wall Street Journal. Karena inilah, hipnoterapi dianggap dapat meringankan gangguan kecemasan umum dan pengobatan depresi, namun hal ini memerlukan penelitian lebih lanjut lagi.

Dengan berbagai manfaatnya, hipnoterapi dapat menjadi salah satu pengobatan alternatif yang aman karena pengobatan ini mengobati melalui jalan kekuatan pikiran. Bagaimana, Ladies, apakah Anda berminat melakukan hipnoterapi atau justru pernah merasakan manfaatnya secara langsung? Yuk share pengalaman Anda melalui kolom komentar berikut ini.

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading