Sukses

Beauty

Hati-Hati, Kenali Gejala Dan Tipe Gangguan Bipolar

Ladies, Anda pasti tahu kabar tentang artis cantik Marshanda baru-baru ini, bukan? Banyak sekali kontroversi dari berita yang menyangkut dirinya, salah satunya adalah gangguan psikologis yang dialaminya. Terdengar kabar bahwa ia mengalami bipolar disorder atau gangguan bipolar.

Bipolar disorder sendiri memiliki beberapa tipe dan memiliki gejala yang bisa dibedakan. Penyebab dari gangguan mental ini sendiri masih belum bisa dipastikan, namun faktor genetik rupanya memegang peranan penting dalam timbulnya gangguan bipolar.

Seperti dikutip dari www.minddisorders.com, berdasarkan standar kesehatan mental Amerika Serikat, ada 4 jenis berbeda gangguan bipolar, yaitu

1. Bipolar 1
Gangguan bipolar 1 ditandai dengan manik depresif, yaitu adanya perubahan mood yang cenderung drastis. Penderita bisa mengalami 'mania', yaitu kesenangan dan kegembiraan yang berlebihan, over aktivitas fisik, banyak bicara, hingga penurunan kebutuhan tidur. Hal ini bisa diikuti dengan mengalami 'depresi', mulai dari suasana hati normal, berubah sedih yang mendalam, cepat marah, mudah tersinggung, tidak sabar, dan cepat berubah pikiran.

2. Bipolar 2
Sedangkan untuk bipolar 2, penderita depresi bipolar cenderung memiliki energi yang sangat rendah, kesehatan mental dan fisik yang agak terbelakang. Hal ini diikuti dengan kelelahan yang berlebihan karena hipersomnia, yaitu gangguan tidur yang ditandai oleh kebutuhan untuk tidur berlebihan atau kantuk yang tiba-tiba.

3. Cyclothymia
Gangguan ini mengacu kepada siklus hipo-mania, yaitu kegembiraan yang berlebihan dalam jangka waktu lama dengan gejala depresi yang tidak begitu kentara. Bahkan mungkin orang dengan gangguan ini tidak terlihat depresi sama sekali. Namun pada akhirnya, penderita cyclothymia akan mengembangkan bipolar 1 atau 2 yang parah.

4. Bipolar (NOS)
Bipolar NOS ini merupakan bipolar yang tidak teridentifikasi. Dalam arti, mereka mengalami beberapa gejala bipolar, namun bisa muncul dna hilang, atau mengalami gejala gangguan mental yang hampir sama dengan bipolar namun tidak spesifik dan tidak mudah dikenali seperti gejala bipolar lain.

Itu dia jenis-jenis bipolar disorder yang bisa dibedakan. Meski memang gangguan bipolar ini agak membingungkan, namun penderita bipolar harus ditangani dengan tepat, agar tidak tersiksa, dan kasus paling banyak yang ditemukan biasanya adalah bipolar disoder 1.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading