Sukses

Beauty

7 Langkah Detox Pikiran Agar Lebih Jernih Dan Positif

Semakin dewasa, pikiran dan jiwa kita banyak digembleng dari berbagai aspek. Karir, cinta, dan berbagai masalah pribadi lainnya. Semuanya bisa bikin pikiran dan perasaan penuh akan hawa negatif sehingga perlu direfill dengan hawa positif. Tapi, bagaimana caranya?

Ibarat sebuah gelas yang penuh dengan air kotor, maka Anda perlu membuang air kotor tersebut agar bisa diganti dengan air yang lebih bersih. Untuk itu, lakukan step by step di bawah ini sehingga Anda bisa kembali positif. 

    Cari Tempat Dan Waktu Luang Untuk Menyendiri

    Sebisa mungkin segera amankan diri Anda dengan mencari tempat untuk menyendiri. Daripada Anda overload dan menjadi 'gunung meletus' bagi banyak orang. Lebih baik diam dan redam perasaan Anda sendiri dulu. Pastikan tempat Anda menyendiri ini tenang dan aman tanpa ada distraksi dari orang lain.  

    Mengatur Nafas

    Setelah menemukan space yang nyaman. Mulailah mengatur nafas Anda. Orang yang sedang emosi atau kalut itu nafasnya kerap tak beraturan. baik terlalu lemah atau terlalu cepat. Akibatnya metabolisme berantakan. Fokus dan tarik nafas dalam-dalam. Than 3 hitungan, lepaskan dalam 8 hitungan. Lakukan berulang-ulang untuk mengusir ketegangan hati dan pikiran.

    Sadari Lingkungan Anda

    Dengarkan suara yang ada di sekitar Anda. Mungkin Anda menyendiri di atas gedung, rasakan hangatnya suasana, hembusan angin dan riuh perkotaan. Saat Anda menyendiri di toilet, coba buka keran air dan dengarkan bunyinya, rasakan basahannya. Bila perlu, bersihkan wajah Anda.  

    Pijat Ringan Atau Stretching 

    Rasakan seluruh tubuh Anda, bagian mana yang terasa tegang atau sakit. Biasanya tegang di area sekitar kepala, leher dan punggung. Atau saat tubuh terasa kaku, lakukan sedikit peregangan. Ini akan membuat otot-otot yang 'marah' jadi lebih rileks dan sabar.

    Sugesti Pikiran

    Nah, sekarang saatnya mengisi ulang hati dan pikiran Anda dengan hal yang lebih positif dan optimis. Coba pikirkan hal-hal yang dapat membesarkan hati Anda. Pikirkan bahwa resiko itu selalu ada, tapi Anda pasti bisa mengatasinya.  

    Mempertahankan Pikiran Anda

    Proses tidak hanya selesai dalam sehari saja. Anda masih harus menjaga dan mengobati pikiran Anda dari waktu ke waktu. Selama Anda punya kemauan kuat untuk menjadi orang yang mengedepankan solusi dari emosi, Anda akan jauh dari rasa jenuh, mengeluh bahkan marah.

    Bergaul Dengan Lingkungan Yang Baik

    Manusia itu seperti spons yang bisa menyerap mulai dari hal positif hingga negatif. Nah, bergaul dengan lingkungan yang baik akan membuat Anda lebih nyaman dan bisa lebih rileks. Cari teman yang senang bercanda renyah, cari pula yang bisa membuat spiritual Anda kuat, dan tentunya, dekati mereka yang bersemangat tinggi dalam hidup.

Live your life everyday. Jangan isi hari Anda dengan amarah dan kekecewaan. Secara rutin, lakukan detox pikiran ini agar lebih jernih, fokus dan selalu bersemangat. 

 

(vem/gil)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading