Sukses

Beauty

Jangan Lakukan 5 Hal Ini Ketika Mencuci Wajah

Anda pasti sudah sering mendengar saran membersihkan wajah yang satu ini: selalu cuci dan bersihkan wajah setiap malam sebelum tidur dan setiap pagi ketika baru bangun tidur. Tapi bagaimana jika rutinitas itu belum sepenuhnya bisa membantu Anda untuk mendapatkan wajah yang bersih dan sehat sesuai keinginan Anda? Untuk bisa mendapatkan kulit wajah bersih dan sehat seperti keinginan Anda, setidaknya hindari lima kesalahan yang sering dilakukan oleh wanita ini.

    Menggunakan Pembersih Wajah yang Salah

    Salah memilih pembersih bisa membuat produk kecantikan lain yang Anda pakai jadi berkurang fungsi dan manfaatnya. Bahkan pembersih yang salah bisa membuat kulit Anda iritasi. Jika Anda memiliki kulit normal atau kering, pilihlah losion pembersih yang lembut dan menghidrasi kulit. Sementara untuk kulit berminyak atau kombinasi bisa memilih pembersih gel atau berbusa. Untuk pilihan paling aman, Anda bisa memilih pembersih yang bebas dari bahan sulfat. Busa dari pembersih yang Anda gunakan sebaiknya tidak yang terlalu berbuih atau hindari memilih pembersih yang menghasilkan busa yang mirip dengan busa shampo.

    Langsung Membasuh Wajah Setelah Menggunakan Pembersih

    Setelah menggunakan pembersih wajah, diamkan dulu selama satu menit sebelum akhirnya dibilas hingga bersih. Dengan mendiamkan dulu selama satu menit, kandungan aktif di pembersih wajah bisa bekerja dengan baik dan membunuh bakteri penyebab jerawat.

    Tidak Mencuci Wajah di Pagi Hari

    Mencuci wajah perlu dilakukan di pagi hari juga, tidak cukup hanya di malam hari sebelum tidur. Tujuannya adalah untuk menghilangkan minyak alami berlebih yang muncul di malam hari sekaligus membersihkan wajah dari residu produk-produk kecantikan yang Anda pakai sebelumnya. Dengan wajah yang bersih, pelembab atau tabir surya yang akan Anda pakai di pagi hari itu juga bisa berfungsi dengan baik.

    Tidak Menggunakan Lap atau Handuk Wajah

    Riasan wajah yang Anda kenakan ada yang tidak bisa hilangĀ  begitu saja hanya dengan bilasan air. Anda perlu menggunakan lap bersih, handuk kering bersih (pastikan yang memiliki tekstur lembut), atau spons untuk menyeka wajah Anda hingga wajah Anda kering.

    Membilas Wajah dengan Air Terlalu Panas

    Sebaiknya bilas wajah Anda dengan air biasa atau air hangat-hangat kuku untuk mencegah kulit wajah Anda jadi kemerahan. Menggunakan air yang terlalu panas untuk membilas wajah akan memperbesar kapiler dan pembuluh darah di bawah kulit, dan hal ini bisa membuat wajah Anda terlihat memerah apalagi jika kulit wajah Anda berjerawat.

Saat wajah sudah bersih dan kering, jangan digosok-gosok karena hal ini akan menyebabkan peradangan. Saat kulit wajah sudah kering setelah dicuci, tepuk-tepuk wajah Anda dengan lembut menggunakan handuk bersih.

Satu hal lagi yang tak boleh dilewatkan adalah usahakan untuk menggunakan pelembab setelah mencuci wajah Anda hingga bersih. Air yang digunakan untuk mencuci wajah bisa memenuhi kebutuhan air kulit kita tapi air tersebut juga bisa langsung menguap dalam waktu singkat.



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading