Sukses

Beauty

Stres dan Beban Hidup Berkurang dengan Hobi Membaca Karya Sastra

Setiap hobi yang kita miliki pasti memiliki dampak yang cukup besar terhadap kehidupan kita. Salah satunya adalah hobi membaca karya sastra. Ternyata stres jadi mudah berkurang dan beban hidup juga terasa tak terlalu berat ketika kita punya hobi membaca karya sastra. Seperti yang dilansir oleh elitedaily.com, semakin banyak kita membaca maka semakin besar pemahaman kita akan dunia yang kita tempati. Kita jadi bisa tahu berbagai hal yang terjadi dalam kehidupan dan ketika menghadapi permasalahan sendiri, kita pun sudah punya gambaran akan langkah apa yang harus kita ambil.

    Tak Ada Manusia yang Sempurna

    Dalam karya sastra, karakter yang sempurna biasanya malah membuat cerita jadi membosankan. Sebuah karya sastra yang menarik biasanya akan menggiring pembacanya untuk mengenal lebih jauh karakter dalam karya tersebut dan mengikuti perjalanannya untuk mencapai apa yang paling diinginkan. Saat kita membaca karya sastra yang baik, mata kita pun akan lebih terbuka dengan kenyataan bahwa tak ada manusia yang benar-benar sempurna. Melalui karakter dan tokoh dalam karya sastra, kita bisa mendapatkan cerminan akan orang-orang yang ada di sekitar kita.

    Setiap Orang Punya Masalahnya Sendiri

    Dalam sebuah novel yang bagus, tokoh figuran juga biasanya memiliki masalah-masalah yang harus ia hadapi sendiri. Hal ini bisa merefleksikan kondisi kita saat ini, di mana kita sering merasa jadi orang yang paling merana dan paling tidak beruntung, padahal ada banyak orang lain di luar sana yang memiliki masalah yang lebih berat. Membaca karya sastra bisa mengajari kita cara melihat berbagai hal dengan perspektif lain yang berbeda-beda. Dan ini akan sangat membantu kita ketika kita mendapatkan sebuah permasalahan.

    Lebih Berempati Pada Orang Lain

    Setiap karakter di dalam novel, misalnya, memiliki motif dan alasannya tersendiri untuk setiap tindakan dan dialognya. Dan begitu juga orang-orang yang ada di dunia nyata. Dengan memahami karakter dalam karya sastra, kita bisa lebih berempati lagi dengan perasaan dan kebutuhan orang lain.

    Hidup Itu Tentang Pilihan

    Sesosok karakter utama dalam karya sastra adalah sosok yang memegang kontrol kehidupannya sendiri. Pada umumnya, di setiap akhir cerita, karakter protagonis akan menyadari bahwa dirinya adalah orang yang memegang kontrol terbesar dalam semua pilihan hidup dan konsekuensi yang ada. Dari karakter utama sebuah karya sastra yang baik, kita bisa belajar bahwa mengontrol situasi yang kita hadapi sekarang dan melakukan semua hal sebaik mungkin itu penting meskipun ada banyak masalah yang mendera.

    Akhir yang Bahagia Itu Relatif

    Hidup tak selalu bisa berakhir sesuai dengan harapan dan impian kita. Terkadang akhir kisah kita bisa sangat menyedihkan. Ketika kita membaca karya sastra, kita akan lebih banyak belajar bahwa akhir cerita itu tidak selalu membahagiakan. Tapi adakalanya akhir cerita itu begitu menyedihkan. Tapi justru dari situ, ada sebuah awalan baru untuk kisah-kisah yang selanjutnya. Itulah cerminan hidup kita. Kadang kita harus mengikuti setiap kisah, menghadapi semua masalahnya, tapi pada akhirnya kita akan melompat ke kisah selanjutnya dan begitu seterusnya.

Hidup hanya sekali, stres dan rasa tertekan memang akan selalu menghampiri. Tapi kita semua pasti bisa mengatasinya dengan menerima perasaan tersebut dan mengubahnya menjadi sesuatu yang positif, sesuatu yang akan membuat kita bisa menjalani hidup dengan perasaan yang lebih ringan.



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading